detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 09 Jan 2021 16:45 WIB

IBL 2021 Batal Terlaksana karena PPKM

Muhammad Robbani - detikSport
Pemain Bima Perkasa, Dimas Tarigan, di IBL 2020. IBL 2021 Batal Terlaksana karena PPKM (dok.Bima Perkasa)
Jakarta -

Indonesian Basket League (IBL) akhirnya batal terlaksana. Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali menjadi alasannya.

IBL direncanakan memulai kompetisi pada 15 Januari mendatang dengan sistem bubble. Adapun semua kegiatan pertandingan akan digelar di Britama Arena Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Sayang rencana itu untuk sementara harus tertunda lantaran aturan PPKM yang diputuskan pemerintah bakal berlangsung pada 11-25 Januari 2021. IBL pada akhirnya batal digelar meskipun menggunakan sistem bubble dan tanpa penonton.

"Seluruh dukungan dan rekomendasi yang diperlukan dari pihak-pihak terkait telah manajemen IBL dapatkan sejak awal sehingga persiapan terus diupayakan hingga mencapai tahap akhir," tulis pernyataan resmi IBL.

"Namun dengan perkembangan situasi yang ada, IBL dan tentunya Perbasi tetap perlu menaati keputusan pemerintah. Sehingga untuk rencana penyelenggaraan IBL 2021 perlu ditunda hingga perkembangan yang ada berikutnya," lanjut keterangan itu.

Penundaan IBL sudah diprediksi bakal terjadi saat pemerintah mengumumkan PPKM di Jawa-Bali pada 6 Januari lalu. IBL merespons hal itu dengan menggelar rapat mendadak pada, Jumat (8/1/2020).

Pada akhirnya IBL memutuskan tak akan dimulai karena aturan PPKM ini. Belum diketahui rencana lanjutan dari IBL soal jadwal baru.

"IBL memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk seluruh klub, pemain, ofisial, staf yang telah melakukan persiapan secara maksimal dan menjalankan protokol kesehatan yang ketat serta juga kepada seluruh fans basket yang memberikan dukungan terbaiknya untuk bola basket Indonesia," tulis IBL.

"Kami berharap kondisi dapat segera membaik dan semua pihak perlu saling mendukung sehingga kompetisi olahraga kembali dipercaya untuk diselenggarakan dengan standar protokol kesehatan yang berlaku."

(aff/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya