Buka DBL Sumsel 2021, Gubernur Dorong Prestasi Olahraga Basket

Faidah Umu Sofuroh - Sport
Minggu, 07 Mar 2021 22:10 WIB
Pemprov Sumsel
Foto: Pemprov Sumsel
Jakarta -

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru hadir dalam pembukaan Developmental Basketball League (DBL) Seri Sumatera Selatan Tahun 2021 di GOR Dempo Jakabaring Sport City (JSC). Dalam acara itu, ia sempat mencoba menembakkan bola ke dalam ring dan berhasil pada tembakan yang ketiga.

Dalam sambutannya, ia mengatakan melalui ajang ini diharapkan bibit-bibit andal pebasket asli Sumsel yang dapat mengharumkan nama daerah akan semakin banyak ditemukan. Ia juga sangat menyambut baik penyelenggaraan event DBL South Sumatera Series 2021. Ia berharap kegiatan ini menjadi ajang kompetisi siswa-siswi untuk mengukur prestasi dan memacu peningkatan prestasi basketball di Sumatera Selatan.

Sejauh ini, lanjutnya, Pemprov Sumsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) juga Dinas Pendidikan Sumsel terus memotivasi dan melakukan pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga basket. Beberapa hal yang dilakukan di antaranya melalui pembinaan pebasket junior melalui kurikulum juga kepada guru penjas.

Menurutnya keberhasilan Sumsel Hangtuah menjuarai berbagai event merupakan titik tolak kebangkitan olahraga bola basket di Sumatera Selatan. Ia berujar bola basket juga bisa mengharumkan nama daerah.

Oleh karena itu, ia pun menargetkan di tahun mendatang akan tetap mengedepankan profesionalisme sportivitas bahkan akan terus dipupuk melalui klub-klub bola basket sehingga dapat melahirkan lebih banyak bibit bibit asli dari Sumatera Selatan.

Dalam kompetisi ini, Herman yakin jika semua peserta yang turut ambil bagian benar-benar memiliki kemampuan serta berusaha dengan maksimal untuk meraih prestasi terbaik. Namun, imbuhnya, bagaimana pun dalam setiap pertandingan tentu ada yang kalah dan ada yang menang.

Terakhir, ia pun mengucapkan selamat bertanding pada seluruh peserta event DBL South Sumatera Series 2021. Dengan berpegang teguh pada nilai-nilai luhur olahraga, Herman berharap para peserta dapat mempersembahkan prestasi terbaik. Dalam kesempatan itu, ia juga tak lupa mengapresiasi Harian Sumeks yang sudah bekerja keras menyelenggarakan event bergengsi tersebut.

"Saya berharap event ini hendaknya dapat dijadikan sebagai tolok ukur dan evaluasi terhadap proses pembinaan bola basket di Tanah Air. Selamat bertanding dan tetap junjung sportivitas," ujarnya.

Sementara itu, opening DBL tersebut lebih dulu dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta yang hadir dan dilanjutkan dengan simbolis free throw. Sebelum kedua tim dari SMAN 1 dan SMAN 5 bertanding,

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sumsel diwakili Dirintelkam Polda Sumsel Kombes Pol Ratno Kuncoro, Ketua Perbasi Sumsel diwakili Bendara Perbasi Alvin Kenedi, dan Ketua Perbasi Kota Palembang Azwar Agus, Kadispora Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo, Kadisdik Sumsel Reza Pahlevi.



Simak Video "Bermain Basket dengan Berbagai Gaya, Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)