IBL 2021: Dimulai dari Bogor, Berakhir di Jakarta

Mercy Raya - Sport
Selasa, 09 Mar 2021 17:20 WIB
Klub IBL 2020 asal Yogyakarta, Bima Perkasa.
Ilustrasi IBL (dok.Bima Perkasa)
Jakarta -

Indonesia Basketball League (IBL) musim 2021 bergulir mulai Rabu (10/3/2021) besok. Dimulai dari Cisarua, Bogor, hingga berakhir di Jakarta pada 6 Juni mendatang.

IBL kali ini terasa istimewa. Kompetisi bola basket kasta tertinggi itu tak lagi menganut seri-seri kota. Tapi sistem bubble (gelembung) yang hanya menempatkan pertandingan di satu wilayah.

Meski tak menganut seri kota, IBL masih bisa digelar lebih dari satu tempat. Selain Robinson Resort Cisarua, Bogor, yakni venue untuk fase perfama yang akan menggelar babak reguler mulai seri pertama hingga seri 4.

Juga terdapat venue lain di Jakarta, tepatnya Mahaka Square Arena, Kelapa Gading. Lokasi itu akan melanjutkan kompetisi ke babak play off, semifinal, dan final mulai 7 Mei hingga 6 Juni 2021. Jadwal pertandingan pun relatif padat. Oleh karena di satu tempat, nyaris setiap hari ada pertandingan digelar.

Nah, untuk laga besok akan dibuka oleh laga antara NSH Mountain Gold Timika dengan Indonesia Patriots pada pukul 11.00 WIB. Pertemuan dua tim ini tidak hanya menjadi pembuka kompetisi seperti biasa, melainkan jadi penanda bahwa kompetisi olahraga di Indonesia untuk kali pertama dapat bergulir di masa pandemi Corona.

Adapun protokol kesehatan yang diterapkan panitia juga cukup ketat. Mengutip manual book IBL, para peserta akan melakukan tes swab sebanyak 10 kali. Tujuh kali di antaranya dilakukan peserta di lokasi pertandingan.

Tiga di antaranya sudah mereka lakukan pada 1, 6, dan 8 Maret lalu saat akan memasuki kawasan resort.

"Protokol kesehatan di sini cukup ketat. Kemarin setibanya di lokasi, bus langsung disemprot disinfektan, lalu kami cek suhu dan kami melakukan tes PCR lagi. Lalu masuk kamar. Selama kemarin sampai hari ini kami juga tak boleh keluar komplek di kamar sampai hasil keluar," kata Sandy Ibrahim, salah satu peserta IBL 2021 menyoal prokes di Cisarua.

Saking ketatnya, Panpel juga menyiapkan sejumlah sanksi tegas bagi siapa saja yang melanggar aturan selama di kawasan bubble tanpa izin. Sanksi ini berupa denda Rp 1 juta hingga Rp 5 juta, hingga dikeluarlan dari kegiatan.

Berikut Jadwal Seri IBL

Fase Pertama : Robinson Cisarua Resort Bogor
Seri I pada 10-15 Maret
Seri II pada 18-23 Maret
Seri III 26-31 Maret
Seri IV 5-10 April

Fase Kedua : Mahaka Square Arena Kelapa Gading
Babak playoff pada 23-25 Mei
Semifinal pada 27-29 Mei
Sedangkan final IBL pada 3, 4, dan 6 Juni (format best of three)

Lihat juga video saat 'IBL 2020, Timnas Basket Boyong 3 Pemain Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)