Giannis Bayar Tuntas!

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 21 Jul 2021 12:36 WIB
Milwaukee Bucks forward Giannis Antetokounmpo (34) reacts during the second half of Game 6 of basketballs NBA Finals against the Phoenix Suns in Milwaukee, Tuesday, July 20, 2021. (AP Photo/Paul Sancya)
Giannis Antetekounmpo bayar tuntas kegagalan di dua musim beruntun bareng Bucks (AP/Paul Sancya)
Milwaukee -

Giannis Antetokounmpo membawa Milwaukee Bucks juara NBA 2021 sekaligus menjadi MVP final. Ini membayar lunas kegagalan beruntun Giannis bersama Bucks.

Giannis dan Bucks menghadapi Phoenix Suns pada game keenam final NBA 2021 di Fiserv Forum, Rabu (21/7/2021) pagi WIB. Giannis mampu melajukan timnya di kuarter pertama untuk unggul 29-16.

Giannis kemudian menggila di kuarter ketiga dengan mencetak 20 poin untuk membawa Bucks balik memimpin, setelah sempat tertinggal di paruh pertama gim. Pada kuarter keempat, Giannis dan Bucks sulit dikejar oleh Suns.

Pada akhirnya Bucks jadi juara setelah menang 105-98 di gim keenam dan unggul 4-2 dalam sistem best of seven. Bagi Bucks ini adalah gelar NBA pertama mereka dalam 50 tahun terakhir setelah yang pertama di tahun 1971 pada era Kareem Abdul-Jabbar.

Yang lebih menggembirakan adalah performa hebat Giannis selama bermain di Bucks akhirnya mendapat pengakuan sahih lewat titel NBA dan gelar MVP. Bukan tanpa alasan mengingat Giannis kerap dikritik karena cuma jago di musim reguler.

Buktinya saat meraih gelar MVP NBA 2019 dan 2020, Giannis justru gagal membawa Bucks juara. Padahal Bucks musim itu mencatatkan diri sebagai tim dengan rekor NBA terbaik.

Pada musim 2019, Bucks kalah dari Toronto Raptors di final Wilayah Timur dengan skor 2-4, meski memenangi dua gim awal. Sementara musim lalu di tengah buble NBA, Bucks secara mengejutkan kalah 1-4 dari Miami Heat.

Giannis musim lalu tak bisa berbuat apa-apa karena Bucks bahkan sempat tertinggal 0-3 duluan, sebelum mendapat kemenangan hiburan di gim keempat. Sejatinya Bucks musim ini juga nyaris tak lolos ke final saat menghadapi Brooklyn Nets di semifinal wilayah Timur.

Tertinggal 0-2, Bucks yang dimotori Giannis berhasil melaju ke final usai menang 4-3. Giannis pun berhasil membayar lunas dua kegagalan bersama Bucks sebelum ini.

Hebatnya Giannis mencatatkan diri sebagai pemain pertama yang membuat rataan 30 poin, 10 rebound, dan lima assist di final NBA.

"Saya seperti melayang ke langit ketujuh, dan sudah pasti kekalahan membuat dunia rasanya mau kiamat. Saya merasa tahun ini, menang atau kalah, hal itu tidak akan terjadi. Saya masih orang sama. Saya siap menjalani apapun yang ada dalam hidup ini, karena saya yakin memang ditakdirkan untuk itu," ujar Giannis Antetokounmpo seperti dikutip AP.

(mrp/aff)