TC Timnas Basket Indonesia: Dari Jakarta hingga Las Vegas

Mercy Raya - Sport
Jumat, 01 Okt 2021 21:15 WIB
Timnas Basket Indonesia
Foto: Dok. PP Perbasi
Jakarta -

PB Perbasi akan kembali memanggil 12 pemain untuk mengikuti training camp (TC) timnas basket Indonesia menuju Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Para pemain akan disiapkan sedari di Jakarta, hingga ke Las Vegas.

Ke-12 pemain itu ialah Arki Dikania Wisnu, Andakara Prastawa, Covinda Julian Saputra, Vincent Rinaldi Kosasih, Hardianus Lakudu, Kevin Yonas, Widyanta Putra Teja, Abraham Damar Grahita, Juan Laurent Kokodiputra, dan Sandy Ibrahim Aziz. Plus dua pemain yang baru mendapatkan kewarganegaraan Indonesia, Dame Diagne dan Serigne Modou Kane.

Manajer timnas basket Indonesia Maulana Fareza Tamrella mengatakan, latihan akan dimulai Senin (4/10) mendatang. Ke-12 pemain akan menjalani latihan di GBK Arena, Senayan, hingga empat pekan ke depan.

"Setelah itu mereka pada 30 Oktober bertolak ke Las Vegas, Amerika, untuk jalani training camp sampai 22 November. Setelah itu langsung ke Lebanon mengikuti Qualifiers," ungkap Maulana Fareza.

Timnas Basket IndonesiaTimnas Basket Indonesia. Foto: Dok. PP Perbasi

Selama di Las Vegas, sebut Fareza, para pemain akan melakoni lima sampai enam kali uji tanding dengan tim yang disiapkan di Las Vegas.

"Jadi rencananya selain 12 pemain yang dipanggil, akan ada penambahan pemain lagi saat di Amerika nanti," kata Mocha, sapaan karib Maulana Fareza Tamrella.

Antara lain Brandon Jawato yang kini main di Liga Bolabasket Jepang bersama Utsunomiya Brex di B League, serta pemain naturalisasi antara Marques Bolden dan atau Lester Prosper.

"Jadi semua masih ada kesempatan dan pastinya kami akan bawa 12 pemain terbaik ke Lebanon untuk jalani Qualifiers November nanti," tuturnya.

Pertandingan di Lebanon akan dilaksanakan pada 26 November. Tiga hari kemudian pertandingan kedua dilaksanakan dengan Indonesia sebagai tuan rumah.

Timnas basket Indonesia memiliki dua jalur untuk bisa tampil di FIBA World Cup 2023 yang digelar di Jakarta. Selain melalui kualifikasi, ada jalur lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menembus peringkat delapan besar saat FIBA Asia Cup 2021 tahun depan.

"Kami akan memanfaatkan dua jalur ini untuk bisa tampil FIBA World Cup 2023," kata Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi.

(mcy/krs)