ADVERTISEMENT

Ganesha Warriors, dari Karawang untuk Basket Indonesia

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 29 Nov 2021 21:54 WIB
Akademi Basket Ganesha Warriors
Akademi Basket Ganesha Warriors ingin berkontribusi untuk basket Indonesia (dok.Ganesha Warriors)
Karawang -

Ada banyak cara dilakukan untuk memajukan prestasi perbasketan Indonesia, salah satunya pembinaan usia dini. Itulah yang sedang dilakukan akademi Ganesha Warriors.

Ganesha Warriors yang didirikan pada 15 April 2008 terinspirasi dari Dewa Pendidikan, Ganesha, dalam ajaran agam Hindu. Filosofi inilah yang dipakai saat pertama kali membangun klub tersebut.

Diharapkan atlet yang dibina tak hanya gemilang dari sisi prestasi non-akademik, tapi juga akademi karena dibekali pendidikan yang bagus. Ganesha Warriors memang sudah menyasar pembinaan basket sejak usia dini, yakni tingkat TK hingga SMA.

Nah, demi mempercepat proses pembinaan di usia dini, maka Ganesha Warriors bekerjasama dengan Manusia Basket Indonesia (MBI) menggelar acara Coaching Clinic, Sabtu (27/11/2021) kemarin di GaneshArena Indoor Court.

Founder MBI kebetulan adalah Ary Sudarsono, salah satu tokoh yang mempopulerkan basket di Indonesia sejak lama. Tanu Sutisna selaku pendiri dan pembina Ganesha Warriors menyebut acara itu dihelat sebagai bagian dari misi klubnya mencetak atlet-atlet basket berprestasi.

Akademi Basket Ganesha WarriorsAkademi Basket Ganesha Warriors Foto: dok.Ganesha Warriors

"Kami ingin mencetak generasi muda yang baik di Kota Karawang lewat olahraga basket dan tentunya tidak melupakan pendidikan mereka. Harapan terbesar saya dan juga semua pengurus, Ganesha Warriors akan terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata untuk kota kita tercinta. Semoga lewat rumah kita bersama disini (GaneshArena Indoor Court), akan terus bermunculan manusia basket Indonesia di Kota Karawang yang berkepribadian baik, memiliki jiwa sportivitas yang tinggi setza cakap dalam segala hal," ujar Tanu dalam rilis kepada detikSport.

"GaneshArena ini juga diharapkan bisa digunakan dengan nyaman untuk penggemar olahraga di Karawang. Tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang tua yang hadir, anak-anak di klub Ganesha Warriors dan semua mitra kami yang terus mendukung kegiatan bola basket Ganesha Warriors terutama yang melibatkan anak-anak usia dini," sambung Tanu dalam sambutannya di hadapan orang tua, anak-anak, pengurus dan pelatih yang turut hadir.

"Berkaca dari pengalaman saya melatih di luar Kota Karawang, ternyata kita sempat tertinggal jauh. Ini terjadi karena pembinaan yang kurang menunjang khususnya di usia dini. Untuk itu empat tahun terakhir ini, kami mulai fokus terjun di pembinaan basket usia dini mulai dari TK hingga SMA. Akhirnya kita sudah mulai memetik hasilnya, tidak hanya dari segi prestasi tapi Ganesha Warriors juga bisa mendorong dan menciptakan kultur pembinaan usia dini yang baik di Karawang lebih maju lagi dan tidak tertinggal jauh lagi dibandingkan kota sekitarnya."

Simak juga Video: Prancis Kalahkan Tim Basket Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT