Lolos ke Playoff IBL 2022, Amartha Hangtuah Senang Sekali

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 29 Mar 2022 17:11 WIB
Amartha Hangtuah
Amartha Hangtuah lolos ke Playoff IBL 2022 (dok.Amartha Hangtuah)
Jakarta -

Amartha Hangtuah lolos dramatis ke babak Playoff Indonesia Basketball League (IBL) 2022. Target di awal musim berhasil dipenuhi.

Hangtuah butuh kemenangan saat menghadapi Prawira Bandung, Senin (29/3/2022) sore WIB kemarin. Pada laga yang dihelat di Hall Basket Senayan itu, kedua tim saling bertukar angka sedari kuarter pertama.

Hangtuah di ambang kegagalan lolos setelah Prawira mencetak angka di bawah satu menit yang membuat mereka unggul 82-81. Namun, Hangtuah akhirnya menang 83-82 setelah LaQuavius Cotton me-rebound bola rekannya.

Dengan kemenangan itu, Hangtuah jadi tim terakhir yang lolos ke babak Playoff IBL 2022 dengan rekor 11-10, sama dengan milik RANS PIK Basketball. Hangtuah berada di posisi keempat klasemen Divisi Putih, diikuti RANS di posisi keenam.

Hangtuah punya 32 poin dan praktis menutup peluang Bumi Borneo Basketball untuk lolos karena mereka kalah head-to-head. Dengan demikian, Hangtuah melengkapi delapan tim yang lolos ke playoff.

Sebelumnya ada Pelita Jaya, Satria Muda, Prawira, NSH Gold Mountain, Dewa United, West Bandits Solo, dan RANS PIK Basketball.

Ini jadi pencapaian apik untuk Hangtuah setelah hancur-hancuran musim lalu, finis kedua dari bawah, Maka dari itu jajaran manajemen pun menyambutnya dengan suka cita, seperti Presiden Hangtuah Gading Joedo dan Chairman Eddi Danusaputro

"Alhamdulillah, kami akhirnya bisa memenuhi target seperti yang diungkapkan usai drawing pembagian grup lalu," kata Gading dalam rilis kepada detikSport.

Laga melawan Prawira sempat membuat Hangtuah ketar-ketir mengingat mereka tertinggal sembilan angka memasuki kuarter keempat. Namun, perjuangan gigih akhirnya berbuah manis, yakni tiket playoff.

"Hasil (melawan Prawira) ini membuktikan kami tidaklah inferior dan siap bersaing, seperti pernah saya katakan awal musim," timpal Eddi.

Amartha HangtuahAmartha Hangtuah lolos ke Playoff IBL 2022 Foto: dok.Amartha Hangtuah

Rasa haru juga meliputi para pemain Hangtuah. Selepas buzzer tanda waktu pertandingan habis berbunyi, para pemain langsung menumpahkan emosi mereka dengan menghampiri penonton.

"Terharu banget sama teman-teman di tim, coaching staff, manajemen, sama satu lagi penonton Hangtuah yang menurut saya paling the best di IBL. Saya yakin kita bisa lebih dari sekadar lolos play-off. Juarakan!," ucap pemain Hangtuah Fisyaiful Amir.

Momen emosional juga ditunjukkan Stevan Wilfredo Neno. Selepas pertandingan, shooter Amartha Hangtuah itu tak kuasa membendung air mata kebahagiaan yang mengalir.

"Terima kasih Tuhan, this is for you," ucap Neno.

(mrp/krs)