Menpora Datang, Timnas Basket pun Menang

Tim Detikcom - Sport
Senin, 23 Mei 2022 04:06 WIB
Menpora Zainudin Amali-Timnas Basket
Menpora Zainudin Amali menyemangati timna basket Indonesia jelang final kontra Filipina (dok.Kemenpora)
Hanoi -

Timnas Basket Indonesia mengukir sejarah saat meraih medali emas SEA Games 2021. Ternyata ada juga sedikit peran Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Sejarah manis bola basket Indonesia tersebut tercipta usai skuad Merah Putih di bawah kepelatihan Mlios Pejic mengalahkan Filipina pada laga final di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5) sore WIB.

Meski tak diunggulkan, Indonesia bermain mantap sedari kuarter awal. Pada akhirnya, Indonesia menang 85-81 di pengujung kuarter keempat dan mencatatkan medali emas pertamanya di cabor basket SEA Games!

Ini sekaligus mengakhiri dominasi Filipina selama 12 edisi beruntun. Wajar jika para pemain Indonesia merayakannya dengan penuh suka cita karena mereka membuat kejutan luar biasa.

Medali emas ini menjadi modal untuk Arki Dikania Wisnu dkk. menghadapi turnamen-turnamen selanjutnya. Dukungan fans dan tentunya tim pelatih sangat penting dalam perjalanan tim basket putra tersebut.

Apalagi mereka tak terkalahkan selama lima pertandingan di cabor ini. Semangat para pemain semakin menggelora karena sebelum pertandingan, Menpora Zainudin Amali yang sedang berada di Hanoi datang memberikan dukungan.

Amali masuk ke dalam ruang ganti untuk menyampaikan sepatah-dua patah kata yang menggelorakan para pemain. Nyatanya aksi Amali itu berbuah manis berupa medali emas.

Politisi asal Gorontalo itu lantas mengucapkan terima kasih atas kontribusi para pemain.

Menpora Zainudin Amali-Timnas BasketMenpora Zainudin Amali-Timnas Basket Foto: dok.Kemenpora

"Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pemain yang sudah berjuang sampai di laga terakhir hari ini, karena nanti pertandingan yang menentukan medali emas, saya minta pemain untuk tidak emosi di lapangan. Bermain lepas saja dan berikan yang terbaik," ujar Menpora Zainudin Amali dalam pidato di ruang ganti seperti dikutip detikSport.

Sukses juga didapat Timnas Basket Putri yang meraih medali perak usai finis kedua di klasemen grup dengan rekor 4-1. Meski nilainya sama dengan Filipina, Indonesia kalah head-to-head.

Indonesia kalah dari Filipina, sementara Filipina kalah dari Malaysia.

(mrp/pur)