NBA Draft 2022 Dimulai Hari ini!

Mohammad Resha Pratama - Sport
Jumat, 24 Jun 2022 06:10 WIB
GREENVILLE, SOUTH CAROLINA - MARCH 20: Jabari Smith #10 of the Auburn Tigers looks on in the first half against the Miami (Fl) Hurricanes during the second round of the 2022 NCAA Mens Basketball Tournament at Bon Secours Wellness Arena on March 20, 2022 in Greenville, South Carolina. (Photo by Kevin C. Cox/Getty Images)
Jabari Smith, calon pick nomor 1 di NBA Draft 2022 (Getty Images/Kevin C. Cox)
New York -

NBA 2022 memang baru saja selesai. Tapi hiruk-pikuk soal transfer pemain mulai terdengar pekan ini ketika NBA Draft 2022 dibuka. Siapa jagoannya?

Setelah menuntaskan musim 2022 pekan lalu yang mana Golden State Warriors jadi juara usai mengalahkan Boston Celtics, NBA langsung sibuk mempersiapkan diri untuk musim 2023.

Seperti biasanya NBA Draft akan mengawalinya. Ini merupakan momen yang ditunggu karena peserta NBA bisa mengambil para rookie untuk memperkuat klubnya musim depan. Ini acara tahunan sejak 1947.

Biasanya para klub mengincar posisi lima teratas di daftar draft tersebut karena merupakan pemain terbaik dari Liga Basket Mahasiswa Amerika Serikat (NCAA). NBA Draft memang kerap melahirkan bintang-bintang besar seperti Michael Jordan, Kobe Bryant, Stephen Curry, dan LeBron James.

Untuk tahun ini, NBA Draft akan dilakukan di Barclays Center, Brooklyn, Jumat (24/6) pukul 08.00 WIB pagi. Ada beberapa hal menarik untuk Anda baca sebelum mengikuti NBA Draft ini.

Sebelum urutan NBA Draft ditentukan, seluruh tim wajib berpartisipasi dalam NBA Draft Lottery yang tahun ini dilaksanakan pada 17 Mei 2022 lalu. Pemilih pertama diberikan kepada tim yang menang pada NBA Draft Lottery; di mana tim tersebut mengalami kekalahan terbanyak di musim sebelumnya.

Berdasarkan hasil undian tahun ini, Orlando Magic menjadi tim pertama. Ini merupakan kali keempat Magic jadi tim pertama pemilih NBA Draft. Selain Orlando Magic, akan ada 14 tim pada putaran pertama.

Setelah Orlando Magic, ada Oklahoma City Thunder, Houston Rockets, Sacramento Kings, Detroit Pistons, hingga Cleveland Cavaliers di posisi ke-14. Pemilihan draft untuk sisa putaran pertama (No. 15-30) dan seluruh putaran kedua (No. 31-60), ditentukan dengan urutan terbalik dari rekor musim reguler.

Biasanya dari 60 pemain tersedia, hanya 58 yang terpilih. Berdasarkan mock draft, Jabari Smith berpeluang besar jadi Draft Pick No.1 karena performa hebatnya bersama Auburn Tigers di NCAA musim lalu dengan 16,9 poin, 7,4 rebund, dan 2 assist.

Ada 14 calon pemain dari luar Amerika Serikat dan 135 calon dari perguruan tinggi di seluruh Amerika Serikat. Dari NBA Academy, bakal ada tiga pemain yang jadi kandidat NBA Draft, yakni Dyson Daniels, Bennedict Mathurin, dan Hyunjung Lee.

Untuk ke depannya, pebasket Indonesia yang berada di NBA Global Academy, Derrick Michael Xzavierro, diharapkan bisa ikut serta di NBA Draft. Apalagi Forward 19 tahun ini baru saja meneken kontrak dengan Grand Canyon University untuk memulai kariernya di NCAA.



Simak Video "Batik Blitar Bikin Gempar"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/nds)