FIBA Asia Cup 2022: Indonesia Kalahkan Arab karena Main Sesuai Rencana

ADVERTISEMENT

FIBA Asia Cup 2022: Indonesia Kalahkan Arab karena Main Sesuai Rencana

Mercy Raya - Sport
Selasa, 12 Jul 2022 21:12 WIB
Pebasket Indonesia Arki Wisnu (kiri) melakukan lay up ke ring tim nasional Arab Saudi dalam laga babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). Indonesia menang atas Arab Saudi dengan skor 80-54.  ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA FOTO
Jakarta -

Timnas Basket Indonesia mengalahkan Arab Saudi di laga perdana Grup A FIBA Asia Cup 2022. Sukses diraih karena Marques Bolden dkk main sesuai rencana.

Indonesia vs Arab Saudi tersaji di laga perdana Grup A FIBA Asia Cup 2022. Laga digelar di Istora Gelora Bung Karno, GBK, Selasa (12/7/2022).

Tampil di depan pendukungnya, Indonesia tampil apik. Kemenangan akhirnya bisa diraih dengan skor 80-54.

Marques, yang diharapkan performanya dapat mengubah kekuatan Indonesia, ternyata sukses besar. Ia menjadi pemain paling aktif dan produktif dengan membukukan 32 poin, 16 rebound, dan 6 blok.

Marques juga menjadi pemain dengan durasi waktu paling lama lebih dari 30 menit. Ia lebih lama tampil ketimbang rekan-rekannya seperti Abraham Damar, Andakara Prastawa, dan Brandon Jawato.

Sementara Abraham Damar mencetak 13 angka, sementara Brandon dan Prastawa masing-masing mengemas 10 poin. Adapun Derrick hanya menyumbang 8 poin, tapi mengoleksi 14 rebound.

Manajer Timnas Basket Indonesia Jeremy Imanuel Santoso mengapresiasi hasil Marques Bolden dkk. Ia menilai, kemenangan diraih karena skuadnya bisa menjalankan taktik.

"Saya rasa anak-anak menjalankan rencana dengan baik. Tapi, ada beberapa bagian di laga ketika kami bertemu tim-tim lain seperti Yordania dan Australia, itu harus (sudah) diperbaiki. Dalam arti, meskipun menang, evaluasi akan tetap dilakukan karena masih banyak hal yang dapat dikembangkan tim ini," kata Jeremy, dalam jumpa pers usai laga.

Terlepas dari permainan tim yang solid, Timnas basket Indonesia juga bermain apik berkat dukungan suporter Indonesia yang hadir memadati tribune di Istora. Meski sedikit tertekan, pemain Indonesia bisa menghadapinya.

"Saya rasa tekanan selalu ada, tetapi bagaimana kami menangani tekanan itu sebagai motivasi, adalah hal lain sebagai tim. Kami lihat dukungan fans, energi dari para pemain, itulah yang membuat kami tampil apik di (laga perdana) FIBA Asia ini," ujarnya.

Arki Dikania Wisnu mengungkap hal senada. Menurutnya, meski sempat kalah dari Arab Saudi di Kualifikasi FIBA World Cup 2023 pekan lalu, laga kali ini berjalan baik. Ia juga menggarisbawahi evaluasi yang memang tetap harus dilakukan.

"Saya rasa ada banyak hal yang harus dikembangkan sebagai tim, tetapi kami juga tampil baik di laga ini. Setelah kalah pada pekan lalu, (kini) kami mampu mengontrol laga dan kami harap ke depannya bisa terus menjaga fokus untuk laga-laga berikutnya," kata Arki.

Indonesia masih akan menjalani laga babak penyisihan. Dua lawan menanti, yakni melawan Yordania, Kamis (14/7) dan Australia, Sabtu (16/7).

"Soal tekanan tentu ada apalagi ketika kami membela Timnas. Namun dari tekanan ini kami mencoba membuktikan bahwa kami bisa bersaing dengan negara lain. Tantangan dan tekanan ini hadi sebuah tenaga sendiri bagi kami," ujar Arki.

(mcy/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT