ADVERTISEMENT

FIBA Optimistis Stadion FIBA World Cup Rampung Tepat Waktu

Mercy Raya - Sport
Kamis, 14 Jul 2022 21:50 WIB
FIBA meninjau pemambangunan stadion untuk FIBA World Cup 2023.
FIBA yakin pembangunan stadion untuk FIBA World Cup 2023 selesai tepat waktu. (Foto: dok.detikcom/Mercy Raya)
Jakarta -

Persiapan Indonesia menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 terus dipantau. FIBA bahkan melakukan tinjauan secara langsung ke stadion yang ditargetkan rampung Juni tahun depan tersebut.

Sekretaris Jenderal FIBA Andreas Zagklis memantau ke stadion didampingi Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih, serta Sekretaris Jenderal Nirmala Dewi, pada Kamis (14/7/2022) siang.

Dalam tinjauannya tersebut, Andreas mengaku optimistis dengan persiapan yang dilakukan Indonesia dalam menjadi tuan rumah FIBA World Cup yang dimulai 25 Agustus hingga 10 September 2023.

"Saya pikir dalam perencanaan sudah selesai. Dari desain yang sudah ada ini, kami sangat senang. Ini sinyal yang sangat bagus," kata Zagklis usai tinjauan.

"Tentu saja kita dikejar oleh waktu, tetapi setiap kerja keras yang dilakukan oleh orang-orang yang mengerjakan ini, mereka bekerja untuk kebaikan kita semua. Kami optimistis dan saya percaya ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan untuk setiap orang yang terlibat dalam pertandingan di Piala Dunia nanti."

"Jadi dari apa yang saya lihat jarak atlet untuk ke venue sangat dekat, field of play, press conference, local room, perencanaan yang bagus untuk bagian fasilitas recovery. Saya harus mengatakan kami bangga, seperti kalian masyarakat Indonesia, venue ini akan menjadi referensi tidak hanya untuk basket Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara," tuturnya.

Sementara itu, Deputi Project Manajer PT KSO Adhi Nindya Penta JV, Fatahillah, mengatakan bila pekerjaan pembangunan stadion saat ini sudah berjalan 33 persen. Dari mulai struktur, arsitektur, hingga mekanikal dan elektrikal guna menunjang pembangunan sudah berlangsung.

Namun, Fatahillah menyebut bila FIBA dalam tinjauannya secara khusus hanya memastikan beberapa hal yang sifatnya umum. Terutama yang berkaitan dengan fasilitas atlet.

"Mereka cuma mengecek apakah fasilitasnya sudah sesuai dan lokasi untuk atlet, media, apakah sudah ada. Kemudian mereka ingin posisi kamera utama, untuk penempatan billboard-nya seperti apa. Mereka ingin mempertanyakan kondisi aktual stadion ini setelah terbangun," kata Fatahillah.

Stadion dengan luas tanah 31.826 meter persegi ini direncanakan rampung Juni 2023. Namun, sebelum itu akan dilakukan test event pada dua bulan sebelum FIBA World Cup 2023. "Test event dilaksanakan Maret 2023. Secara bangunan sudah bisa berfungsi tapi belum 100 persen. Ya minimal untuk pertandingan. lapangan, dan tribune sudah bisa dicoba," ujarnya.

(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT