Timnas Indonesia Juara Edisi Perdana Liga Basket Putri Asia Tenggara

ADVERTISEMENT

Timnas Indonesia Juara Edisi Perdana Liga Basket Putri Asia Tenggara

Adhi Prasetya - Sport
Selasa, 01 Nov 2022 01:30 WIB
Timnas Basket Putri Indonesia
Timnas Putri Indonesia berhasil menjuarai Liga Basket Putri Asia Tenggara. Foto: Dok. Perbasi/Yoga Prakasita
Surabaya -

Timnas Basket Putri Indonesia berhasil menjuarai edisi perdana SEA Women Basketball League 2022. Gelar tersebut diraih Adelaide Callista Wongsohardjo dkk setelah berhasil mengalahkan Sniper Thailand dengan agregat 2-1 di final.

SWBL 2022 diikuti tiga tim dari Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Untuk edisi kali ini, tiap negara masih mengirim timnas masing-masing. Timnas Basket Putri sendiri tampil dengan nama Indonesia Elite. Lawannya yakni Sniper Thailand dan Harimau Malaysia.

Dalam turnamen berformat seri yang sudah digelar sejak awal bulan ini, Indonesia Elite melaju ke final usai meraih empat kemenangan dalam enam laga untuk berhadapan dengan Sniper Thailand yang digelar di GOR Kertajaya Surabaya.

Dalam final gim pertama pada Sabtu (29/10), Indonesia Elite menang 51-49, namun kalah di 59-63 di gim kedua yang berlangsung sehari setelahnya. Pada gim penentuan yang digelar Senin (31/10), Indonesia Elite berhasil mengunci kemenangan 65-56.

Pada gim ketiga ini, Adelaide menjadi pencetak angka terbanyak dengan 12 poin, disusul Yuni Anggraeni dan Henny Sutjiono masing-masing 11 poin. Sedangkan Agustin Elya Gradita Retong berhasil mengemas tujuh poin.

Gelar ini menjadi modal bagus bagi Timnas Basket Putri dalam persiapan menuju SEA Games 2023 di Kamboja. Pada edisi sebelumnya di Vietnam, Indonesia merebut medali perak.

Diberitakan ANTARA, SWBL untuk pertama kalinya digelar sebagai wadah kompetisi antarklub bola basket di Asia Tenggara. SWBL 2022 digelar dalam tiga seri. Seri pertama digelar di Korat, Thailand, dilanjutkan seri kedua di Kuala Lumpur, Malaysia, sebelum ditutup dengan seri ketiga di Surabaya.

Skuad Indonesia di SWBL 2022

Dyah Lestari, Agustin Elya Gradita Retong, Visca Dewi Syamsuri, Kadek Pratita Citta Dewi, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma, Adelaide Callista Wongsohardjo, Yuni Anggraeni, Nathania Claresta Orville, Mega Nanda Perdana Putri, Henny Sutjiono, Clarita Antonio, dan Angelica Jennifer Candra.

Lihat juga Video: Prancis Kalahkan Tim Basket Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo

[Gambas:Video 20detik]




(adp/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT