DetikSport
Selasa 24 Maret 2015, 12:08 WIB

FA akan batasi pemain non-Eropa di Liga Primer

- detikSport
Jakarta -

Ketua FA Greg Dyke mengaku pembatasan pemain asing bertujuan untuk memajukan sepak bola Inggris.

Ketua Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) Greg Dyke mengumumkan rencana aturan pembatasan jumlah pemain non-Uni Eropa yang berlaga di Liga Primer sekaligus pemberlakuan aturan mengenai pembinaan pemain muda.

Empat butir dalam proposal yang segera dibahas bersama seluruh klub Liga Primer itu, menurut Dyke, bertujuan untuk memajukan sepak bola dan tim nasional Inggris.

"Masa depan tim nasional Inggris secara garis besar bermain untuk enam klub teratas (dalam klasemen sementara Liga Primer). Dan di antara enam klub teratas itu penurunan jumlah pemain Inggris cukup jelas," kata Dyke.

Talenta muda

Mantan jurnalis BBC itu juga menyoroti jumlah talenta muda yang merupakan hasil binaan klub Liga Primer. Menurutnya, pemain asing berkemampuan standar begitu merajalela di Liga Primer sehingga talenta muda sulit mendapat kesempatan.

"Jika sistem yang kami perkenalkan diberlakukan selama lima tahun terakhir, sepertiga pemain non-Uni Eropa yang bermain di sini tidak akan bisa masuk. Lalu, apabila sistem itu diberlakukan selama tiga, empat, lima tahun mendatang, Anda akan melihat jumlah pemain binaan klub naik dari 20-an % ke 40%. (Proposal) ini bermanfaat jika diterapkan di sepak bola Inggris, namun khususnya sangat bermanfaat bagi Liga Primer," ujar Dyke.

Ujung tombak Tottenham Hotspur, Harry Kane, merupakan pemain Inggris yang bersinar di klubnya dengan mencetak 19 gol musim ini.

 

Empat butir rencana FA

  • Seorang pemain harus sudah terdaftar dengan klubnya dari usia 15 tahun (turun dari aturan sebelumnya, yaitu 18 tahun) untuk masuk kategori pemain binaan sebuah klub.
  • Jumlah pemain binaan klub dalam skuad utama harus mencapai delapan hingga 12 orang dari 25 pemain. Peningkatan jumlah mesti dilakukan secara berkala dalam empat tahun dari 2016.
  • Setidaknya dua pemain binaan klub, terlepas dari kewarganegaraan mereka, harus terdaftar selama tiga tahun di klub tersebut sejak usia 15 tahun.
  • Hanya pemain non-Eropa terbaik yang akan diberikan ijin bermain di Inggris.

Aturan kerja

Ucapan Dyke soal pemain asing berkemampuan standar di Liga Primer diamini Danny Mills, mantan pemain belakang timnas Inggris yang kini bergabung dengan komisi FA yang diciptakan Dyke dua tahun lalu.

Menurut Mills, FA ingin memperketat aturan kerja sehingga hanya pemain terbaik yang bisa berlaga di kancah sepak bola Inggris.

"Kami ingin pemain terbaik. Namun kami mendapat pemain-pemain asing di Divisi Dua hingga Divisi Tiga. Itu mengurangi jumlah pemain Inggris yang bisa berkiprah," kata Mills.

Niatan FA untuk membatasi jumlah pemain non-Eropa dikritik manajer Arsenal, Arsene Wenger, yang sempat mendapat masalah saat berupaya mendatangkan bek Villarreal asal Brasil, Gabriel Paulista, 23 tahun.

"Idealnya semua akan lebih terbuka dan semua bisa masuk," kata Wenger.

Untuk bisa mendatangkan Paulista, klub Inggris harus bisa meyakinkan kementerian dalam negeri bahwa pemain yang didatangkannya itu memiliki 'bakat yang luar biasa'.

Manchester City ialah salah satu klub yang paling banyak menggunakan pemain asing di Liga Primer.

 

Kriteria mendapat ijin kerja bagi seorang pemain non-Eropa ialah pemain tersebut merupakan pemain negara yang berada dalam 70 besar peringkat FIFA serta telah bermain dalam 75% pertandingan timnas negeri itu dalam laga internasional minimal dua tahun.

Pengetatan aturan kerja itu telah disetujui Kementerian Dalam Negeri dan akan diberlakukan mulai 1 Mei 2015 mendatang.

Data dan Fakta Pemain Asing

  • Arsenal, Chelsea, Manchester United, Tottenham, dan Manchester City paling banyak menggunakan pemain asing di Liga Primer.
  • Pemain asal Argentina paling banyak berkiprah di Liga Primer, diikuti pemain asal Prancis dan Spanyol.
  • Delapan besar klub pada musim 2013/2014 menggunakan 44 pemain baru musim ini, 33 di antara mereka pemain asing.
  • Seperempat dari 373 pemain asing di Liga Primer bermain kurang dari 10 pertandingan musim lalu.
  • Burnley paling banyak memakai jasa pemain Inggris dengan 13 pesepakbola. Adapun Chelsea, Stoke City, dan Manchester City paling sedikit (tiga pemain).
  • Pada musim 2013/2014, hanya lima pemain Inggris yang bermain dalam 38 pertandingan.

(a2s/a2s)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed