detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 27 Okt 2020 08:45 WIB

20Detik

Honda Belum Menang di MotoGP 2020, Bukti Nyata Efek Marc Marquez?

detikTV, dtv - detikSport
Jakarta -

MotoGP 2020 hanya menyisakan 3 seri lagi, tapi Honda tak menang juga. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan musim lalu.

Kini, Honda bersanding dengan Aprilia yang belum sekalipun memenangi race tahun ini. Raihan terbaik Honda didapat dari performa apik beruntun Alex Marquez di MotoGP Prancis dan Aragon. Namun, adik dari Marc Marquez itu gagal melanjutkan tren positifnya di MotoGP Teruel.

Absennya Marc Marquez rupanya berimbas nyata pada Repsol Honda. Marc marquez membawa Honda dominan musim lalu dengan 12 kali kemenangan. Fakta ini membuat banyak pihak membicarakan kinerja motor pabrikan asal Jepang itu. Racikan motor Honda dianggap hanya khusus untuk Marquez.

MotoGP 2020 masih menyisakan seri MotoGP Eropa, MotoGP Valencia, dan MotoGP Potugal. Alex Marquez tetap menjadi tumpuan. Terlebih, performanya mulai menanjak.

Bos Repsol Honda Alberto Puig, membenarkan bahwa Alex sudah beradaptasi dengan motor RC213V.

"Dia mulai memahami bagaimana motor dikendarai dan hanya dengan tujuh atau delapan balapan dia sudah naik podium. Ini menunjukkan bahwa sepeda tidak seburuk yang dikatakan orang,", kata Puig seperti dikutip dari laman DAZN, Sabtu (24/10/2020) lalu. Pencapaian Alex Marquez juga jadi pembenaran bagi Puig bahwa motor racikan timnya tak hanya diciptakan untuk Marc Marquez.

Saat ini Alex menempati peringkat ke-13 klasemen dengan 67 poin. Sementara, maksimal 75 poin masih bisa diperoleh disisa akhir balapan. Mungkinkan Honda bisa memecahkan kebuntuannya?, kita tunggu di 3 seri MotoGP berikutnya.

(/)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com