detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 05 Sep 2016 11:07 WIB

Tentang Fastest Lap Alonso dan Statistik Lainnya dari Monza

Kris Fathoni W - detikSport
Foto: Reuters / Max Rossi Foto: Reuters / Max Rossi
Jakarta - GP Italia mengetengahkan Nico Rosberg dari Mercedes sebagai pemenang--memunculkan catatan tertentu. Ada pula catatan lain soal fastest lap dari Fernando Alonso (McLaren-Honda).

Lewis Hamilton (Mercedes) meraih posisi pole di Monza, walaupun dalam balapan pemuncak klasemen sementara tersebut akhirnya harus puas finis di posisi dua.

Kemenangan jadi milik Rosberg, yang sekaligus membuatnya kini terpaut dua angka saja dari Hamilton (248 dan 250 secara berurutan). Sementara itu Alonso yang finis ke-14 tetap punya pencapaian khusus sebagai pencatat fastest lap dengan 1 menit 25,340 detik.

Berikut statistik GP Italia 2016 seperti dirangkum Formula1.com

- Ferrari memang tidak meraih kemenangan kandang yang diidamkan, tapi Fernando Alonso yang mantan pebalapnya berhasil mencatatkan fastest lap ke-22 dalam kariernya, membuatnya melewati Gerhard Berger yang juga merupakan mantan pebalap The Prancing Horse dari posisi 12 di daftar sepanjang masa.

- Itu juga menjadi fastest lap pertama Alonso sejak GP Abu Dhabi 2013 dan yang pertama buat McLaren sejak GP Malaysia di musim yang sama. Pebalap Spanyol itu juga menjadi pebalap berbeda ketujuh yang membukukan fastest lap tahun ini.

- Satu catatan lagi mengenai fastest lap Alonso, bahwa itu merupakan yang ke-58 dari sebuah mobil bertenaga Honda, tapi yang pertama dalam kurun waktu 24 tahun. Yang terakhir sebelum ini terjadi pada GP Portugal 1991, ketika Ayrton Senna mencatatkannya untuk McLaren-Honda. Senna sendiri sudah dua kali menang di Monza.

- Pada balapan hari Minggu lalu Nico Rosberg menjadi pebalap berbeda yang ke-36 untuk meraih kemenangan di Monza. Ia juga pebalap pertama yang meraih kemenangan sana tidak dari posisi pole, sejak Rubens Barrichello melakukannya pada 2009.

- Itu merupakan kemenangan ke-21 dalam karier Rosberg yang membuatnya melewati Mika Hakkinen untuk duduk di posisi 14 daftar sepanjang masa.

- Rosberg mencatatkan kemenangan kedua berturut-turut dan selepas jeda musim panas pebalap Jerman itu sudah memimpin dalam 96 putaran dari 97 putaran balapan.

- Kemenangan Rosberg musim ini sudah melewati pencapaiannya di 2014 atau 2015 (lima dan enam secara berurutan). Tahun ini ia juga sudah meraih kemenangan lebih banyak daripada Lewis Hamilton yang jadi rekan setimnya (7-6), walaupun Rosberg masih tertinggal dua poin darinya di papan klasemen.

- Monza juga menandai kali ke-50 Rosberg berdiri di podium F1, yang menyamai jumlah dari Jenson Button. Keduanya berada di posisi 14 daftar sepanjang masa.

- Hamilton sementara itu mencatatkan finis podium ke-98, yang membuatnya melewati Fernando Alonso untuk bertengger sendirian di posisi tiga daftar sepanjang masa. Cuma Alain Prost (106) dan Michael Schumacher (155) yang pernah meraih podium lebih banyak.

- Hamilton sebenarnya tentu saja mengincar hat-trick kemenangan di Italia. Kegagalannya meraih kemenangan berarti bahwa sejauh ini baru ada Juan Manuel Fangio yang bisa menang tiga kali beruntun di Monza.

- Sebastian Vettel memberikan podium pertama buat Ferrari dari lima balapan. Itu merupakan podium ke-66 Ferrari dalam balapan kandangnya, dalam GP Italia ke-66 di Monza.



(krs/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed