DetikSport
Minggu 01 Jan 2017, 18:35 WIB

Desainer Red Bull Ungkap Kunci Agar Sukses di Tahun 2017

Lucas Aditya - detikSport
Desainer Red Bull Ungkap Kunci Agar Sukses di Tahun 2017 Foto: Mark Thompson/Getty Images
Jakarta - Peraturan Formula 1 akan berubah di musim balap 2017. Desainer Red Bull Adrian Newey bilang bahwa pemahaman atas aturan baru itu akan menjadi kunci kesuksesan.

Ukuran mobil-mobil F1 di musim depan akan dibuat menjadi lebih lebar. Tak cuma itu, ukuran ban juga dibuat lebih lebar dibandingkan dengan ukuran di musim balap tahun 2016.

Ukuran ban lebih lebar 60 milimeter dari tahun 2016, dari sebelumnya 245 milimeter menjadi 305 milimeter. Sementara untuk sayap depan, ukurannya diperlebar dari 1650 milimeter, menjadi 1800 milimeter.

Sayap belakang juga dirombak dari lebar 750 milimeter dan tinggi 950 milimeter, menjadi 950 milimeter dan tingi 800 milimeter.

Pebalap Williams Valtteri Bottas sudah memprediksi bahwa kecepatan mobil untuk musim depan akan meningkat utamanya di saat melibas tikungan.

Soal aturan baru di F1 musim depan, Newey bilang bahwa akan ada yang menjadi penentu kesuksesan sebuah tim.

"Setiap ada perubahan regulasi, ada tim yang membaca regulasi lebih baik dibandingkan tim lain. Biasanya itu adalah tim besar yang mempunyai sumber daya yang lebih besar, membaca itu dengan lebih baik," kata Newey di Sky Sports.

"Tapi, saat kita mendapatkan perubahan besar regulasi di tahun 2009, itu tak terjadi. Itu dilakukan oleh Brawn dan kami sendiri yang membaca itu dengan benar, dan orang dengan pemahaman tinggi, lalu Ferrari dan McLaren yang sedikit kesulitan."

"Kapan pun Anda mendapati perubahan regulasi, Anda mempunyai banyak ide yang harus Anda salurkan ke arah dan filosofi dari mobil. Meski kami merupakan salah satu tim terbesar, kami tak mempunyai sumber daya untuk melihat itu semua secara bersamaan," tambahnya.



(cas/raw)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed