DetikSport
Minggu 14 Mei 2017, 20:50 WIB

GP Spanyol

Hamilton Finis di Depan Vettel Usai Duel Sengit

Kris Fathoni W - detikSport
Hamilton Finis di Depan Vettel Usai Duel Sengit Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton di GP Spanyol 2017 (Foto: REUTERS/Albert Gea)
Barcelona - GP Spanyol 2017 menghadirkan Lewis Hamilton sebagai pemenang, dengan Sebastian Vettel di posisi dua. Persaingan sengit keduanya memanaskan balapan itu.

Hamilton yang mengawali balapan, Minggu (14/5/2017) malam WIB, dari posisi terdepan langsung kehilangan posisi tersebut akibat startnya yang kalah oke dari Vettel.

Sepanjang balapan keduanya terus bersaing ketat. Hamilton sempat gagal menyalip Vettel, tapi pada kesempatan berikutnya ia tak membuang kesempatan.

Itu menjadi kemenangan kedua Hamilton musim ini, setelah GP China. Vettel, yang akhirnya finis kedua, sejauh ini juga punya dua kemenangan.

Dari lima balapan sejauh ini, Hamilton sekarang punya 98 poin. Pebalap Mercedes itu masih duduk di posisi dua, ketinggalan enam angka dari Vettel, dengan driver Ferrari tersebut memuncaki klasemen dengan 104 poin.

Jalannya Balapan

Sebastian Vettel langsung melesat selepas start, mengambil alih posisi terdepan dari Lewis Hamilton. Valtteri Bottas berhasil menjaga posisi, dengan Daniel Ricciardo berhasil ada di posisi empat.

Mobil Kimi Raikkonen terlihat bersenggolan dengan mobil Max Verstappen. Akibat insiden itu Raikkonen mengalami kerusakan mobil dan out, sedangkan Verstappen tampak meluncur perlahan menuju pit sampai akhirnya out juga. Mobil Felipe Massa pun terlihat mengalami masalah, walaupun pada prosesnya masih bisa lanjut balapan.

Memasuki putaran 10, Vettel masih berada di depan Hamilton dengan keunggulan sekitar 2 detik. Sementara Bottas terpaut sekitar 6,5 detik dari rekan satu timnya.

Mulai putaran 13, sejumlah pebalap mulai masuk pit mengganti ban. Sempat ada insiden antara Kevin Magnussen dan Carlos Sainz Jr ketika mobil keduanya nyaris bersenggolan di pintu keluar pit.

Sementara itu Vettel masuk pit di putaran 15 lalu kembali ke lintasan di posisi empat. Posisi terdepan kini ditempati Hamilton.

Tak lama berselang Vettel sudah berhasil melewati Ricciardo untuk menempati posisi tiga. Dengan ban anyar, ia kini memburu Bottas dan Hamilton.

Hamilton baru melakukan pergantian ban ketika balapan memasuki putaran 22. Ia kembali ke lintasan di posisi tiga, terpaut sekitar 9 detik dari pimpinan balapan sementara Bottas, yang sudah dibayangi Vettel.

Bottas melakukan pekerjaan bagus dalam mempertahankan posisi, dengan usaha Vettel menyalipnya terus menemui kegagalan. Vettel baru bisa menyalip Bottas satu putaran kemudian, tapi Hamilton sudah kian merapat. Tak berapa lama, Hamilton pun melewati Bottas yang sejauh ini masih belum masuk pit melakukan pergantian ban.

Bottas akhirnya baru masuk ke pit untuk mengganti ban di putaran 27. Ia bergabung ke lintasan dengan menempati posisi tiga lagi.

Memasuki putaran 35, virtual safety car (VSC) diturunkan akibat insiden senggolan mobil antara Stoffel Vandoorne dengan Felipe Massa di Turn 1 sirkuit. Vandoorne out dari balapan dengan kerusakan parah bagian depan mobilnya. Dua putaran kemudian, periode VSC berakhir.

Vettel dan Hamilton wheel to wheel di putaran 38. Dalam usahanya menyalip, Hamilton sempat sampai melaju keluar lintasan. Pada akhirnya Vettel masih berhasil mempertahankan posisi. Satu putaran berselang, mobil Bottas terlihat berasap sehingga balapannya pun berakhir. Posisi ketiga kini ditempati Ricciardo.

Hamilton mengambil alih posisi terdepan dari tangan Vettel di putaran 44, memanfaatkan DRS. Kubu Mercedes pun bersorak melihat keberhasilan pebalapnya tersebut.

Sedari titik itu Hamilton tak lagi teredam untuk meraih kemenangan keduanya musim ini. Vettel finis kedua dengan jarak sekitar 3 detik darinya.

[Hasil GP Spanyol 2017]





(krs/cas)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed