DetikSport
Senin 12 Juni 2017, 03:18 WIB

GP Kanada

Hamilton Menang, Mercedes Finis 1-2

Yanu Arifin - detikSport
Hamilton Menang, Mercedes Finis 1-2 Foto: REUTERS/Chris Wattie
Montreal - Lewis Hamilton keluar sebagai pemenang GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Minggu (11/6/2017) waktu setempat. Pebalap Mercedes itu mengungguli rekan setimnya, Valtteri Bottas, dan pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo.

Start dari posisi terdepan, Hamilton tak terbendung sejak awal. Nasib berbeda justru dialami pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang tercecer ke peringkat 18 di awal lantaran bersenggolan dengan pebalap Red Bull Max Verstappen.

Hamilton yang tak mendapat perlawanan berarti bisa finis pertama mengungguli Bottas dan Ricciardo. Vettel menyusul di peringkat empat, diikuti dua pebalap Force India, Sergio Perez dan Esteban Ocon.

Pebalap Ferrari lainnya, Kimi Raikkonen, finis di posisi ketujuh. Sedangkan Niko Hulkenberg (Renault), Lance Stroll (Williams), dan Romain Grosjean (Haas) menutup 10 besar.

Adapun lima pebalap gagal finis, yakni Daniil Kvyat (Toro Rosso), Verstappen (Red Bull), Felipe Massa (Williams), Carlos Sainz Jr (Toro Rosso) dan Fernando Alonso (McLaren).

(Baca juga: Hasil F1 GP Kanada)

Meski cuma finis keempat, Vettel tetap memuncaki klasemen pebalap dengan perolehan 141 poin. Hamilton berada di posisi kedua dengan 129 poin, disusul Bottas dengan 93 poin.

Seri F1 berikutnya adalah GP Azerbaijan, yang akan dilangsungkan di Baku City Circuit, Baku, pada 25 Juni mendatang.

Jalannya Balapan

Hamilton yang start dari posisi terdepan bisa mempertahankan posisinya. Verstappen dan Bottas mengekor di posisi dua dan tiga.

Vettel yang start dari posisi dua mengalami kerusakan sayap depan mobilnya lantaran tersenggol Verstappen. Dia pun tercecer hingga ke peringkat 18.

Posisi tidak berubah hingga lap kesepuluh, di mana Hamilton, Verstappen, dan Bottas jadi tiga pebalap terdepan. Namun di lap ke-11 perubahan mulai terlihat.

Verstappen yang mengalami masalah akhirnya mengakhiri balapan lebih dini. Sementara Hamilton dan Bottas masih berada di depan, Esteban Ocon merangsek naik peringkat tiga dan akhirnya kedua usai menyalip Bottas.

Hingga memasuki lap ke-30, posisi pebalap belum berubah. Hamilton masuk pit di lap ke-32 untuk mengganti ban menjadi tipe super soft, diikuti Ocon.

Selepas masuk pit, Ocon kehilangan posisinya di peringkat dua menjadi keenam. Bottas mengambil alih posisi, diikuti Ricciardo, Perez, dan Raikkonen yang menempati peringkat lima. Sementara di posisi tujuh ada Vettel yang perlahan tapi pasti mulai mengejar.

Memasuki lap ke-44, Ocon naik ke peringkat lima menyalip Raikkonen yang masuk pit. Vettel naik ke posisi enam. Sementara Hamilton dan Bottas masih berada di posisi terdepan.

Memasuki lap ke-50, Vettel tersalip Raikkonen lantaran masuk pit. Sementara Ocon mulai membidik posisi Perez dan Ricciardo yang berada di depannya.

Di lap ke-56, Force India meminta Perez melakukan team order dengan membiarkan Ocon menyalipnya dengan pertimbangan bannya Ocon lebih baik. Namun, Perez menolaknya dan tetap memacu mobilnya sekuat tenaga.

Memasuki lap ke-67 atau tiga lap jelang finis, perebutan posisi empat tambah sengit. Perez yang sempat disalip Ocon, kembali bisa mengamankan posisinya usai Ocon disenggol Vettel. Imbasnya, Ocon malah turun ke peringkat enam sementara Vettel naik peringkat lima.

Di lap ke-69, Vettel akhirnya menyalip Perez untuk mengklaim peringkat empat. Duo Force India pun finis di peringkat lima dan enam.

Hamilton yang sedari awal memimpin balapan, akhirnya memenangi balapan. Diikuti Bottas dan Ricciardo di peringkat dua dan tiga.

Vettel menguntit di peringkat empat, diikuti Perez dan Ocon. Raikkonen menempati peringkat tujuh, disusul Hulkenberg, Stroll dan Romain Grosjean (Haas), usai Fernando Alonso justru gagal finis di lap ke-67.



(mfi/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed