DetikSport
Kamis 14 September 2017, 16:37 WIB

Jelang GP Singapura

Pemenang di Marina Bay Biasanya Akan Jadi Juara Dunia

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Pemenang di Marina Bay Biasanya Akan Jadi Juara Dunia Balap GP Singapura 2016. Foto: Mark Thompson/Getty Images
Jakarta - Balap malam GP Singapura digelar akhir pekan ini. Pemenang balapan cenderung mengindikasikan peraih titel juara dunia di akhir musim.

Musim lalu, Singapura dirajai oleh eks pebalap Nico Rosberg. Pria Jerman itu lantas keluar sebagai juara dunia di akhir musim, lalu mengumumkan pensiun tidak lama setelahnya.

Saat ini driver Mercedes Lewis Hamilton memimpin kejuaraan. Hamilton memiliki 238 poin, unggul tiga poin dari rival terdekatnya Sebastian Vettel (Ferrari) dan 41 poin dari rekan setimnya Valtteri Bottas.

Vettel keluar sebagai pemenang balapan empat kali. Tapi kemenangan di Marina Bay pada 2015 tidak cukup membuatnya meraih titel juara dunia kelima.

Berikut adalah data dan fakta GP Singapura 2017, yang dirangkum Reuters

- Balapan hari Minggu besok adalah yang ke-10 di Singapura. Grand Prix malam pertama sejak diperkenalkan pada 2008.

- Hanya empat pebalap yang pernah menang di sirkuit Marina Bay. Fernando Alonso (2008, 2010), Sebastian Vettel (2011, 2011, 2013, dan 2015), Lewis Hamilton (2009, 2014), Nico Rosberg (2016). Semua pebalap yang sudah pernah menang, atau kemudian menjadi seorang gelar juara dunia.

- Red Bull memenangi balapan tiga kali, Ferrari dan Mercedes masing-masing dua kali.

- Daniel Ricciardo (Red Bull) mencetak waku tercepat putaran dalam dua tahun terakhir, dengan mengakhiri balapan di posisi kedua di dua edisi tersebut.

- Hamilton dan Vettel masing-masing tiga kali menyabet pole position. Balapannya sendiri dimenangi dari posisi terdepan dalam tujuh edisi.

- Posisi terendah yang pernah menjadi pemenang adalah Alonso, yang start dari posisi 15 dalam balapan mencegangkan pada 2008, di mana rekan setimnya Nelson Piquet sengaja menabrakkan mobil Renault-nya karena team order.

- Setidaknya selalu ada satu safety car yang mengintervesi di setiap balapan di Singapura sampai saat ini. Musim lalu, safety car sudah keluar di putaran pembuka.

- Balapan itu butuh waktu paling lama untuk dirampungkan. Musim lalu balapannya selesai dalam 1 jam 55 menit.

- Pemenang di Singapura selama ini menjadi juara di akhir musim dalam lima dari enam tahun terakhir.

- Vettel telah memimpin 221 putaran dibandingkan Hamilton 135 putaran. Pebalap Jerman itu naik podium enam kali, dua kali lebih banyak daripada Hamilton.



(rin/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed