DetikSport
Senin 13 November 2017, 01:40 WIB

GP Brasil

Vettel Juara di Brasil

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Vettel Juara di Brasil Foto: Mark Thompson/Getty Images Sport
Sao Paulo - Sebastian Vettel menjalani balapan dominan untuk menang di GP Formula 1 Brasil. Pebalap Ferrari ini mengatasi Valtteri Bottas dari Mercedes yang finis kedua.

Vettel, yang start dari nomor dua, langsung merebut posisi terdepan dari Bottas selepas balapan dimulai di Autodromo Jose Carlos Pace, Minggu (12/11/2017) malam WIB. Pebalap asal Jerman itu kemudian mengontrol balapan dengan baik hingga finis.


Bottas harus puas finis runner-up dengan jarak 2,7 detik. Sementara rekan setimnya, yakni Lewis Hamilton, tampil cemerlang meski start dari posisi paling belakang.

Hamilton melesat ke depan, hingga sempat menyerang Kimi Raikkonen di posisi tiga. Tapi pebalap yang sudah dipastikan jadi juara dunia tersebut gagal melewati Raikkonen dan harus puas finis keempat.



Jalannya Balapan

Vettel langsung merebut posisi terdepan, meski sempat mendesaknya saat memasuki tikungan pertama. Insiden langsung terjadi tak lama kemudian.

Daniel Ricciardo melintir, sementara Kevin Magnussen menyenggol Stoffel Vandoorne. Keduanya out dari balapan. Tak lama berselang Romain Grosjean dan Esteban Ocon bertabrakan. Safety Car pun masuk ke lintasan.

Saat balapan restart, Vettel memimpin di depan Bottas dan Raikkonen. Verstappen di posisi empat, di depan Fernando Alonso dan Felipe Massa.

Insiden memberi keuntungan untuk Hamilton yang melesat ke posisi 13. Ricciardo yang sempat melintir mampu melanjutkan balapan.

Di putaran ke-10, Vettel usdah memimpin dua detik dari Bottas. Hamilton naik ke urutan sembilan dan Ricciardo kini ada di tempat ke-12.

Vettel menjaga keunggulannya di 10 lap berikutnya dan tak ada perubahan di tiga posisi di belakangnya. Hamilton terus merangsek dan naik ke urutan tujuh, disusul Ricciardo di posisi sembilan.

Bottas memutuskan masuk pit lebih dulu di putaran ke-28 dan memasang ban soft. Vettel menyusul di putaran berikutnya dan masuk kembali ke lintasan persis di depan Bottas. Hamilton mengambil alih posisi terdepan.

Hamilton terus memimpin sampai putaran ke-40, 1,8 detik dari Vettel. Bottas menyusul, kemudian berturut-turut Raikkonen, Verstappen, dan Ricciardo.

Vettel kembali memimpin setelah Hamilton masuk pit di lap ke-43. Hamilton kembali ke lintasan di posisi lima, sementara Ricciardo yang mengambil langkah serupa di saat bersamaan turun ke urutan delapan.

Vettel nyaman memimpin atas Bottas, sementara Raikkonen dan Verstappen menghadapi ancaman Hamilton. 12 putaran tersisa, Hamilton menyalip Verstappen dan mengincar Raikkonen.

Hamilton melakukan manuver saat balapan tersisa empat putaran untuk melewati Raikkonen. Tapi dia gagal melanjutkan serangannya dengan kondisi ban yang sudah menurun, sehingga harus puas dengan posisi empat.

Vettel menjaga posisi terdepan dan finis sebagai juara, ditemani Bottas dan Raikkonen di podium. Hamilton finis keempat, sementara Verstappen yang bermasalah dengan daya cengkeram ban finis kelima depan rekan setimnya, Ricciardo.

Felipe Massa finis ketujuh dalam balapan kandangnya, disusul Fernando Alonso. 10 besar dilengkapi Sergio Perez dan Nico Hulkenberg. Empat pebalap gagal finis yakni Brendon Hartley, Ocon, Magnussen, dan Vandoorne.
(raw/din)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed