Berger: Terlalu Banyak Penalti di Fuji

- Sport
Senin, 13 Okt 2008 11:21 WIB
Jakarta - Gelaran GP Jepang memunculkan Fernando Alonso menjadi juara. Yang juga cukup mengejutkan adalah banyaknya penalti yang dijatuhkan pada pembalap.

Awalnya mungkin banyak yang memprediksikan kalau balapan di Sirkuit Fuji akan menjadi pertarungan seru antara Lewis Hamilton dengan Felipe Massa. Dengan tiga seri tersisa dan persaingan menuju tangga juara yang makin ketat, itu semua sangat bisa terjadi.

Namun insiden di tikungan pertama lomba plus senggolan antara Massa dengan Hamilton di lap kedua mengubah jalannya cerita. Di akhir lomba Alonso jutru keluar sebagai juara setelah dengan gemilang memanfaatkan momentum yang ada.

Yang kemudian menjadi kontroversi adalah jatuhnya beberapa sanski pada pembalap. Padahal beberapa pihak yang menganggap kalau stewards serta race director telah menjadi sangat "sensitif" dengan terlalu mudah menjatuhkan hukuman.

"Terlalu banyak penalti, terlalu banyak pembalap yang bersalah," ungkap Gerhard Berger seperti diberitakan F1Live.

Lewis Hamilton menjadi yang pertama terkena penalti setelah terlibat dalam insiden di awal lomba. Felipe Massa jadi korba kedua setelah menyenggol MP4-23 milik Hamilton sementara yang terakhir adalah Sebastien Bourdais terkait "pertemuannya" dengan Massa di tikungan pertama lap 50.

Hanya Massa yang menerima sanksi yang dijatuhkan padanya. Sementara Hamilton dan Bourdais merasa telah diperlakukan dengan tidak adil.

"Kami sedikit terkejut dengan penalti yang diberikan Lewis terkait dengan insiden di tikungan pertama. Sederhana saja, kami sudah sering melihat kejadian seperti itu ditikungan pertama dan tidak berbuntut keluarnya penalti," seru Ron Dennis seperti diberitakan ITV. (din/key)