detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 22 Okt 2008 06:55 WIB

Rencana Pemangkasan Dana Produksi Disepakati

- detikSport
Jenewa - FIA terus berupaya mengurangi biaya produksi dalam setiap perhelatan F1. Langkah awal sudah dilakukan yaitu, kesepakatan dengan Asosiasi tim F1 (FOTA) untuk melakukan pemangkasan biaya.

Kesepakatan ini terjadi setelah FIA dan FOTA melakukan pertemuan di Jenewa, Swiss, Rabu (22/10/2008) WIB. Kesepakatan awal antara presiden FIA Max Mosley dan ketua FOTA Luca di Montezemolo dan John Howett yaitu memperkenalkan pemangkasan drastis mulai tahun depan.

"Pertemuan hari ini di Jenewa telah menghasilkan penghematan biaya yang cukup signifikan untuk 2009 dan 2010. FOTA akan bekerja secepatnya untuk rencana tahun 2010 dan seterusnya," demikian pernyataan bersama yang muncul, seperti dirilis Autosport.

Meski poin penghematan tidak dijabarkan secara spesifik, diyakini ada empat hal yang nantinya akan digarap secara khusus, yaitu peningkatan ketahanan mesin dari dua seri menjadi tiga seri di tahun 2009, tim pabrikan harus siap membuat 25 unit mesin siap pakai dengan perkiraan biaya sebesar 10 juta euro untuk tim yang mereka suplai.

Dua hal lain adalah akan ada pertemuan lanjutan antara anggota FOTA di Brasil untuk membahas batasan sesi testing pada 2009, dan juga kesepakatan pada pengenalan standar unit KERS (Kinetic Energy Recovery system) untuk 2010 atau 2011. FIA dan FOTA akan kembali bertemu setelah final gelaran F1 2008 di Brasil untuk membicarakan ukuran pengurangan biaya untuk pengembangan chasis dan kelanjutan penggunaan chasis di masa mendatang.



(ian/roz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed