Honda Bakal Mundur dari F1?

- Sport
Jumat, 05 Des 2008 05:33 WIB
London - Honda bersiap memberi pengumuman seputar masa depan tim F1-nya. Honda dikabarkan ingin menjual tim dan akan menutupnya --yang juga berarti mundur dari kompetisi F1-- jika tak ada peminat.

Dalam sebuah pertemuan dengan Asosiasi Tim F1 (FOTA), dua petinggi tim F1 Honda yakni Team Principal Ross Brawn dan Chief Executive Nick Fry konon disebut menyatakan bahwa Honda telah memberikan tenggat waktu sebulan untuk mendapatkan calon pembeli.

"Mereka punya waktu sebulan mencari pembeli dan akan menutup tim jika tidak berhasil," ucap seorang sumber kepada Reuters.

Ketidakberhasilan Honda mendapatkan pembeli bakal membuat mereka menyusul jejak Super Aguri yang sebelumnya juga sudah mundur tahun ini. Super Aguri sendiri secara tak resmi dijuluki sebagai tim "B" Honda.

Mengingat kondisi perekonomian dunia yang tengah tak stabil, entah apakah ada yang berminat membeli kepemilikan tim F1 Honda mengingat besarnya dana yang harus disediakan untuk berkompetisi di ajang F1.

Rekam jejak Honda sendiri di dunia F1, setelah membeli sisa saham dari BAR, dimulai dengan cukup baik. Pada musim pertamanya tahun 2006 lalu, mereka menempati posisi empat klasemen akhir konstruktor.

Akan tetapi setelah itu Honda yang masih setia dengan duo Jenson Button-Rubens Barichello malah tampil tak memuaskan. Kalau pada musim 2007 mereka finis di posisi 8, musim ini mereka menempati posisi 9.

Crash menyebut hasil di lintasan tersebut amat kontras dengan pengeluaran Honda. Dengan mengutip laporan Financial Times, Honda disebut lebih banyak melakukan pengeluaran pada program F1-nya ketimbang tim lain.

(krs/a2s)