Irvine: Pecat Saja Raikkonen Jika...

- Sport
Rabu, 31 Des 2008 00:10 WIB
Jakarta - Fernando Alonso kembali disebut-sebut bakal gabung dengan Ferrari. Jika demikian adanya, bisa jadi Kimi Raikkonen yang layak digeser. Setidaknya begitulah salah satu opsi dari Eddie Irvine.

Raikkonen disebut-sebut sebagai pembalap F1 dengan penghasilan terbesar saat ini. Namun, bayaran tersebut tak membuatnya bisa mempertahankan gelar juara dunia musim 2008, di mana dia akhirnya cuma menempati posisi tiga klasemen akhir.

"Kalau Anda pembalap dengan bayaran tertinggi maka Anda harus jadi yang terbaik dan dia tak melakukan pekerjaannya, sesederhana itu," lugas Irvine yang sempat membela Ferrari pada periode 1996-1999 itu di F1 Live.

Saat ini bayaran Raikkonen di Ferrari konon lebih besar tiga kali dari rekan setimnya, Felipe Massa. Musim lalu, Massa menjadi runner-up kejuaraan dunia di belakang Lewis Hamilton. Massa unggul 22 angka dari Raikkonen.

"Jika dia tak mampu mengalahkan Massa tahun depan saya akan memecatnya atau memotong gajinya besar-besaran. Dalam olahraga jika Anda tampil bagus Anda akan dibayar dan jika tidak maka Anda keluar," nilai Irvine.

Mantan bos tim Ferrari Cesare Fiorio pun secara tak langsung "menyalahkan" Raikkonen yang musim lalu tak kuasa mempertahankan gelar juara dunianya sekaligus melengkapi gelar juara dunia konstruktor Ferrari. Fiorio juga telah terang-terangan memuji Alonso yang belakangan dikabarkan dekat lagi ke Ferrari.

"Memenangi titel konstruktor, (kubu) Maranello menunjukkan bahwa di pit dan di pabrik mereka adalah yang terbaik. Tapi jika Anda sampai tak memenangi titel juara dunia pembalap, itu setidaknya sedikit kesalahan dari si pembalap, kan?"

Jadi?
(krs/arp)