Trulli Akhirnya Dapatkan Keadilan

- Sport
Kamis, 02 Apr 2009 18:10 WIB
Kuala Lumpur - Jarno Trulli sangat senang. Ia merasa keadilan berpihak kepadanya setelah FIA memutuskan untuk mengembalikan kembali peringkat ketiga yang diraihnya saat di GP Australia.

Trulli sebelumnya mendapatkan penalti oleh FIA. Ia dinyatakan bersalah karena meng-overtake pembalap tim McLaren, Lewis Hamilton, ketika safety car masuk trek untuk kedua kalinya pada balapan tersebut.

Hasilnya Trulli mendapat penalti sehingga dari podium ketiga turun menjadi ke urutan ke-12. Namun hukuman penalti itu akhirnya dibatalkan dan Hamilton yang didiskualifikasi atas hasil yang diraihnya di Melbourne.

Juara dunia ini dinyatakan salah karena memberikan bukti menyesatkan. Tentu saja Trulli sangat senang dengan keputusan FIA tersebut sehingga dia tidak kehilangan hasil yang diraihnya di Melbourne.

"Saya senang karena saya hanya ingin keadilan, dan saya senang mendapatkannya. Saya gembira untuk diri saya dan juga tim. Saya berterima kasih kepada FIA karena itu tak sering terjadi bahwa mereka mempertimbangkan sesuatu," kata Trulli.

"Ini mungkin keras bagi mereka, tetapi mereka mempunyai akal sehat untuk benar-benar mencoba dan mengerti apa yang berlangsung. Saya sudah selalu jujur dan itu akhirnya  membuahkan hasil," ujar pembalap Toyota ini seperti dilansir Auto Sport.

Tim pabrikan asal Jepang itu memang telah memutuskan tidak mengajukan banding atas sanksi penalti yang diberikan kepada Trulli. "Kami tak lakukan banding, kami tak melakukan apun dan tidak membuat komentar apapun," tukasnya.

"Saya pikir FIA cukup pintar dengan situasi seperti ini. Mereka sangat sibuk di akhir balapan, dengan banyak kejadian. Dan sekarang metreka mendapakan bukti yang lebih untuk dapat lebih mengerti akan kasus ini," pungkas Trulli.

(key/arp)