Selamat Datang Kembali, Schumi

ADVERTISEMENT

Selamat Datang Kembali, Schumi

- Sport
Kamis, 30 Jul 2009 02:05 WIB
Jakarta - Tiga tahun setelah memutuskan pensiun, Michael Schumacher secara mengejutkan kembali ke F1. Selamat datang kembali buat legenda jet darat pengumpul tujuh titel juara dunia.

Nama Schumi jadi salah satu kandidat penganti Massa setelah pembalap Brasil itu mengalami insiden di sesi kualifikasi GP Hongaria akhir pekan kemarin. Namun konfirmasi dirinya kembali ke ajang jet darat tetap jadi berita mengejutkan karena banyak pihak yang meragukan hal tersebut akan benar terjadi.

Berikut data dan fakta pembalap tersukses di F1 tersebut:

* Lahir pada 3 Januari 1969 di Huerth-Hermuelheim, Jerman

* Schumacher melakukan debutnya di F1 bersama tim Jordan di GP Belgia tahun 1991. Dia turun membalap sebagai pengganti Bertrand Gachot, yang tak bisa tampil karena masuk bui.

* Kehebatan Schumacher terbukti setelah dia finis di posisi lima pada balapan keduanya yang digelar di Italia.

* Meksiko menjadi negara pertama di mana Schumacher meraih podium pada tahun 1992. Satu seri berselang, di GP Belgia, kemenangan pertama  berhasil di raih.

* GP Monako 1994 menjadi pole position pertama Schumi.

* Di tahun yang sama, Schumi memenangi gelar juara dunia pertamanya bersama Tim Benetton.

* Enam gelar juara dunia lainnya didapat Schumi tahun 1995 (masih bersama Benetton), dan 2000, 2001, 2002, 2003, 2004 dengan Ferrari).

* Memutuskan pensiun tahun 2006.

KONTROVERSI

* Meski terkenal dengan kebrilianannya di atas lintasan, Schumi juga dikenal karena kerap membuat kontroversi, terkait dengan aksinya-aksi dan persaingan dengan pembalap lain.

* Schumi dianggap dengan sengaja menabrak Damon Hill untuk memenangi gelar juara dunia 1994 dan berusaha melakukan hal yang sama terhadap Jacques Villeneuve dalam penentuan gelar juara dunia 1997.

* Di kualifikasi GP Monako 2006 dia dianggap dengan sengaja menghentikan mobil menjelang garis finis. Itu dia lakukan untuk menghalangi pesaing terberatnya saat itu, FernandoAlonso, meraih catatan waktu yang lebih baik. Schumi kemudian disanksi start dari posisi paling belakang.

REKOR, REKOR DAN REKOR

* Schumacher adalah satu-satunya pembalap yang bisa memenangi tujuh gelar juara dunia F1.

* Tahun 2002 dia selalu finis di atas podium dari total 17 seri yang digelar. Dia memastikan gelar juara saat kompetisi masih menyisakan enam balapan, juara dunia tercepat sepanjang sejarah.

* Tahun 2004, Schumi memenangi 13 balapan, dengan tujuh di antaranya didapat secarar beruntun. Dua catatan tersebut juga merupakan rekor di F1.

* Total 91 kemenangan berhasil diraih Schumacher sepanjang karirnya. Jumlah tersebut hanya kalah satu dari kemenangan Alain Prost jika dijumlahkan dengan kemenangan Ayrton Senna.

COMEBACK 

* Sejak Massa mengalami kecelakaan yang mengancam nyawanya, media sudah ramai berspekulasi kalau Schumacher akan kembali ke F1.

* Rabu (29/7/2009) waktu setempat, Schumi dipastikan akan menjalani comeback  di F1 jika lolos menjalani tes kesehatan.
(din/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT