BMW Kembali ke Peter Sauber

- Sport
Sabtu, 28 Nov 2009 00:17 WIB
Munich - BMW gagal menjual tim F1-nya pada Qadbak Investment Ltd. Sebagai pengganti, pabrikan Jerman itu "memulangkan" kembali pada pemilik lamanya, Peter Sauber.

BMW sudah memutuskan mundur dari gelaran F1 sejak pertengahan tahun lalu. Kabar yang kemudian beredar adalah bahwa tim yang bermarkas di Hinwil (Swis) dan Munich (Jerman) itu bakal melepas kepemilikannya pada Qadbak Investment Ltd.

Namun kesepakatan tersebut ternyata batal terlaksana. Dan seperti diberitakan Autosport, BMW akhirnya menjual tim yang sudah dibeli sejak empat tahun itu ke pemilik lamanya, yang tak lain adalah Peter Sauber.

"Kami sangat gembira dengan situasi ini. Ini memenuhi apa yang dibutuhkan tim untuk meraih sukses di masa depan," ungkap Dr Klaus Draeger, salah seorang anggota Dewan Manajemen BMW AG.

Peter Sauber membetuk Sauber Formula One Team pada tahun 1993 dengan menggunakan mesin Mercedes. Mereka kemudian sempat beralih ke McLaren, Ford dan mesin Ferrari, sebelum pabrikan BMW resmi membelinya di tahun 2005.

Dalam kurun empat tahun mengusung nama BMW Sauber, raihan terbaik mereka adalah duduk di posisi dua klasemen pada musim kompetisi 2007. Tercatat cuma satu kemenangan berhasil diraih BMW Sauber, satu pole position, dua fastest lap serta 16 kali menjejak podium.

"Saya sungguh lega karena kami bisa menemukan solusi. Ini berarti kami akan tetap bisa mempertahankan Hinwil sebagai markas. Saya yakin tim baru ini akan punya masa depan bagus di F1, yang perubahan (regulasinya) akan mengguntungkan tim-tim private," ungkap Sauber.

Kesepakatan dengan Sauber juga berakibat pada pemotongan jumlah karyawan dari yang sebelumnya 388 orang menjadi hanya sekitar 250 pekerja. Hingga saat ini keikutsertaan tim tersebut di F1 2010 masih belum bisa dipastikan.

(din/din)