detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 10 Apr 2011 17:30 WIB

GP Malaysia

Kemenangan Kedua Vettel di Musim ini

- detikSport
Sepang - Sebastian Vettel tetap tak terkalahkan di awal musim 2011 setelah kembali memenangi GP Malaysia, meskipun ia melaju tanpa KERS di mobil Red Bull-nya di sebagian besar waktu lomba.

Vettel memang tidak dominan, tapi dia punya kecepatan yang cukup untuk tetap berada di depan rival-rivalnya dalam balapan yang cukup ketat di sirkuit Sepang, Minggu (10/4/2011), mengulang suksesnya dua pekan lalu saat menjuarai seri pembuka di Australia.

Balapan dimulai, Vettel berhasil mengamankan pole-nya setelah melewati tikungan. Webber start dengan buruk dan langsung tercecer di barisan tengah walaupun ia memulai dari urutan ketiga.

Hamilton berusaha keras untuk menjaga tempatnya di nomor dua, tapi di tikungan kedua dia disalip Heidfeld. Dua pembalap Ferrari, Alonso dan Felipe Massa mengakhiri lap pertama di urutan keenam dan tujuh.

Rubens Barrichello menjadi pembalap pertama yang masuk pitstop di lap keempat, setelah sempat bersenggolan di lap awal dan bannya bocor.

Webber masih kepayahan dengan bobot mobilnya karena memakai KERS. Di lap ketujuh ia dengan cukup mudah dikalahkan Kamui Kobayashi di trek lurus, dan pembalap Jepang itu mengambil posisi kesembilan.

Di lap 11 Webber mengganti ban dengan yang lunak, sementara McLaren menyuruh Hamilton supaya bertahan selama mungkin. Di depan, Vettel mulai memberi jarak dengan pembalap nomor dua, Heidfeld, dengan jarak delapan detik.

Hamilton masuk pitstop di lap 13 dan keluar pitlane di nomor 10. Seputaran kemudian Vettel melakukan hal yang sama. Titik-titik air mulai turun dari langit, seperti pertanda akan turun hujan sebagaimana diprediksi demikian.

Kendati demikian balapan seterusnya berlangsung dalam trek yang kering. Hujan tidak jadi turun di Sepang.

Setelah Vettel masuk pitstop, Vitaly Petrov merasakan jadi pimpinan lomba, sampai pembalap Renault asal Rusia itu juga mengganti ban. Kala itu giliran Button menyodok ke depan dalam kejaran Alonso.

Pertarungan mereka terjadi di lap 15. Button membuat sebuah celah dan Alonso berhasil menyalipnya. Pembalap McLaren itu mencoba balik menekan Alonso, tapi rival Spanyol-nya mampu bertahan.

Hamilton mencoba menaikkan performanya dan mencatat fastest lap di putaran 19, sekaligus memangkas jaraknya dengan Vettel yang sudah berada di depan lagi. Alonso juga semakin kencang dan cuma terpaut 3,436 detik di belakang Hamilton. Pertarungan tiga pembalap favorit ini mulai ketat.

Di lap 24 Lewis menajamkan kecepatannya dan tinggal berjarak dua detik dari Vettel. Akan tetapi ia harus masuk pitstop di lap 25, dan Vettel terlepas dari tekanan pembalap McLaren juara dunia 2009 itu.

Sampai lap 25 sudah empat pembalap retired. Sergio Perez menjadi yang terakhir mengikuti nasib Pastor Maldonado, Narain Karthikeyan dan Rubens Barrichello.

Alonso sempat memimpin lagi setelah Vettel ke pitstop, tapi ia melepas status itu di lap 27 karena juga melipir ke pitlane. Kala itu Vettel berhasil mengalahkan Massa dengan DRS-nya. Posisi lima besar di lap 31 adalah Vettel, Hamilton, Button, Alonso, dan Webber.

Vettel mulai tampak nyaman sejak lap 37, memberi jarak 9,6 detik dari Hamilton. Button juga mulai memperlihatkan kekuatannya saat mencatat fastest lap di putaran 41.

Alonso dan Hamilton terlibat pertarungan di lap 45. Mereka sempat "bersentuhan", tapi Hamilton tetap di depan rivalnya itu. Belakangan Alonso memberi tahu timnya lewat radio bahwa sayap depan mobilnya mengalami masalah.

Tapi duel mereka belum selesai. Di lap keduanya sampai bertarung dalam posisi sejajar. Alonso salah menghitung waktu untuk masuk ke tikungan dan dia menyundul ekor mobil Hamilton. Kedua mobil bertahan, tapi hidung "Si Kuda Jingkrak" patah!

Tak ampun lagi Alonso harus merapat ke kandangnya untuk mengganti sayap depan mobilnya itu. Hamilton juga bukannya tampak masalah. Ada kerusakan pula di mobil dia, sementara balapan tersisa 10 lap lagi.

Hamilton masih di posisi tiga di belakang Vettel dan Button, tapi dia dikejar serius oleh Heidfeld dan Massa. Ia akhirnya dapat disusul oleh Heidfeld di lap 52, dan juga melebar jauh ke luar trek di lap berikutnya. Terlalu banyak kendala buat Hamilton, dan dia terpaksa masuk pitstop lagi.

Kesialan juga dialami Petrov. Di satu lap terakhir ia terlalu jauh menyasar ke trek pasir saat menikung, dan mobilnya sampai "lompat" cukup tinggi. Saat mendarat setir R31-nya copot! Tak ada lagi yang bisa dilakukan Petrov dan dia terdampar di pinggir lapangan, selesai dengan tragis.

Di lap terakhir Vettel dipastikan tak terkejar, Button dan Heidfeld juga berhak mendapatkan satu podium. Webber tetap patut diacungi jempol karena masih bisa finish nomor empat. Massa mendapatkan 10 poin, melintasi kibaran bendera di depan rekan setimnya, Alonso.

Hamilton harus puas di urutan ketujuh, Kobayashi peringkat delapan, Schumacher ada di posisi sembilan, dan satu angka terakhir diraih Paul di Resta dari Force India.

==
   
   
Klasemen pembalap lihat di sini
Klasemen konstruktor lihat di sini




(a2s/a2s)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed