detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 10 Apr 2011 19:15 WIB

Button Dapat Podium Berkat Atur Ban

- detikSport
Sepang - Jenson Button memperoleh podium pertamanya di musim ini dari GP Malaysia, Minggu (10/4/2011). Meski mengaku sempat kebingungan, tapi dia mendapatkan kebaikan dari strategi mengatur ban.

Pembalap McLaren itu menempati urutan kedua di Sepang, hanya kalah 3,2 detik dari sang pemenang, Sebastian Vettel.

Degradasi ban di sirkuit Malaysia ini jauh lebih tinggi dibanding Australia, dan semua pembalap terdepan harus melakukan sedikitnya tiga pitstop. Baru di setingan ban terakhir Button merasakan kecepatannya sangat kompetitif.

"Ini balapan yang sangat membingungkan, untuk memahami atau mencoba memahami setiap pitstop, dan apakah pantas untuk menjaga ban atau tidak perlu berhemat-hemat. Jadi ini cukup rumit," paparnya seusai balapan, dikutip dari F1live.

"Di setingan terakhir kami memakai ban utama, dan mobil kami menjadi lebih hidup.; Aku jadi punya grip lebih banyak. Aku punya feeling bannya tidak akan sama seperti ban lunak, dan kecepatanku jadi lebih baik."

Meski membingungkan, tapi Button mengaku menikmati balapan hari ini. Namun ia agak penasaran juga karena merasa punya kesempatan untuk mengalahkan Vettel.

"Tim mengatakan padaku untuk hati-hati dan berhemat dengan ban. Di dalam benak pembalap, Anda ingin terus mengejar yang berada di depan meskipun Anda tahu itu tidak tepat. Tapi luar biasa lah bisa finish nomor dua dan mendapatkan 18 poin."

Keberhasilannya naik podium membuat Button optimistis dengan kans McLaren untuk melawan Red Bull di balapan selanjutnya.

"Kami memperoleh beberapa kemajuan yang bagus," ujar juara dunia 2009 itu. "Aku menantikan (seri) China. Kami bisa bersemangat dan mudah-mudahan bisa menantang orang-orang ini (Red Bull)."




(a2s/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed