Di Montezemolo: Alonso Akan Tinggalkan Ferrari Akhir Musim

- Sport
Kamis, 16 Okt 2014 03:52 WIB
AFP/YURI KADOBNOV
Maranello - Teka-teki soal masa depan Fernando Alonso di Ferrari sepertinya sudah menemukan jawabannya. Eks Presiden tim Luca Di Montezemolo mengonfirmasi bahwa Alonso akan meninggalkan Maranello akhir musim ini.

Pertanyaan mengenai masa depan Alonso di Ferrari muncul setelah adanya kabar bahwa hubungannya dengan 'Kuda Jingkrak', yang sudah dibelanya sejak 2010, tidak harmonis lagi.

Rumor berhembus kian kencang setelah pebalap Red Bull Sebastian Vettel memastikan tak lagi membela tim itu musim depan. Santer dispekulasikan, Vettel bakal hijrah ke Ferrari untuk dipasangkan dengan Kimi Raikkonen.

Pada prosesnya Alonso pun disebut-sebut bakal meninggalkan Ferrari saat musim berakhir, dengan beberapa tim dikabarkan bisa menjadi tujuan seperti McLaren atau Mercedes.

Juga ada rumor bahwa Alonso akan menepi sementara dari F1 pada 2015 untuk kembali membalap di musim 2016. Namun satu hal yang pasti bahwa juara dunia 2005 dan 2006 itu memang akan cabut dari Ferrari akhir musim, meski kontraknya masih tersisa dua tahun lagi.

Hal ini dikatakan oleh Di Montezemolo, yang baru saja meninggalkan kursi presiden Ferrari beberapa hari lalu, dalam acara Porta a Porta yang ditayangkan Rai TV.

"Fernando pergi karena dua alasan. Pertama dia ingin tantangan baru dan kedua di umurnya kini dia tidak bisa lagi menunggu untuk jadi juara. Dia sangat kecewa karena tidak bisa menjadi juara bersama kami dan butuh tantangan baru," ujar Di Montezemolo seperti dikutip AS.

Meski demikian belum ada konfirmasi resmi baik itu dari Alonso maupun Ferrari terkait pernyataan Di Montezemolo itu. Selama empat tahun keberadaannya di Ferrari, Alonso maksimal cuma bisa tiga kali menjadi runner-up dan selalu kalah dari Vettel dalam perburuan titel juara F1.

(mrp/mfi)