detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 01 Apr 2016 19:49 WIB

<i>Free Practice</i> I GP Bahrain

Rosberg Terdepan, Rio Paling Akhir

Doni Wahyudi - detikSport
Foto: Getty Images/Clive Mason Foto: Getty Images/Clive Mason
Sakhir -

Sesi latihan bebas pertama GP Bahrain berakhir dengan Nico Rosberg menjadi pebalap dengan catatan waktu terbaik. Rio Haryanto dapat hasil tak oke karena dia ada di posisi paling belakang.

Di Bahrain International Circuit, Jumat (1/4/2016) malam WIB, sesi latihan bebas pertama berlangsung dalam cuaca cerah. Rosberg menjadi pebalap dengan catatan waktu terbaik setelah dia membukukan satu menit 32,294 detik.

Rosberg mengalahkan rekan setimnya, yang juga juara dunia musim lalu, Lewis Hamilton. Driver asal Inggris itu terpaut setengah detik lebih dari Rosberg, setelah mencatatkan satu menit 32,799 detik.

Pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, menguntit ketat di urutan tiga setelah membukan waktu tercepat untuk satu putaran pada angka satu menit 34,128 detik. Kimi mengalahkan Daniel Ricciardo yang duduk di urutan empat dan Daniil Kvyat pada tangga kelima.

Pebalap Indonesia, Rio Haryanto dapat hasil kurang oke di sesi latihan pertama ini. Dia berada di posisi paling akhir setelah menorehkan waktu satu menit 37,714 detik. Rio total melahap 27 lap di sesi ini.

Rio sudah turun ke atas trek sejak menit-menit awal sesi latihan dimulai. Pebalap 23 tahun kelahiran Solo itu berada di kisaran waktu satu menit 39 detik di awal-awal aksinya. Rio langsung terlempar di baris belakang. Tak lama kemudian Rio bisa memperbaiki catatan waktunya menjadi di angka satu menit dan 38 detik. Namun begitu posisinya tidak terdongkrak naik.

Sekitar 20 menit sesi latihan berjalan Rio masuk pit. Ketika itu catatan waktu yang dia torehkan adalah satu menit 38,435 detik. Rio ada di urutan 21 dari 22 pebalap yang berpartisipasi di sesi ini. Dia kalah cepat dari rekan setimnya, Pascal Wehrlein.



Rio lantas turun lagi ke lintasan nyaris berbarengan dengan pebalap lain tak lama kemudian. Catatan waktu Rio kembali bisa dipertajam, kali ini ke angka satu menit 37,714 detik. Namun itu tak lantas mengangkat posisinya karena pebalap lain juga menajamkan waktu mereka. Rio malah turun ke posisi paling bawah karena Alfonso Celis yang sebelumnya di bawah bisa memperbaiki performanya.

Setelah kembali masuk pit Rio kembali turun ke lintasan saat sesi latihan tersisa lima menit. Di kesempatan itu Rio tak menajamkan catatan waktunya. Wehrlein duduk di posisi 17 sesi ini, dengan waktu satu menit 36,371 detik.



(din/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com