detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 10 Agu 2016 16:25 WIB

Esteban Ocon Jadi Pengganti Rio di Manor

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Foto: Getty Images/Mark Thompson Foto: Getty Images/Mark Thompson
Banbury - Manor Racing telah mengumumkan pebalap baru yang menjadi pengganti Rio Haryanto. Mereka memilih pebalap berkebangsaan Prancis, Esteban Ocon.

Seperti diberitakan sebelumnya, Manor baru saja melakukan pemutusan kontrak Rio. Mereka melakukan hal tersebut karena Rio tak mampu memenuhi kewajibannya.

Sebagai seorang pay driver, Rio harus menyetorkan dana 15 juta euro kepada Manor. Namun, dia hanya bisa membayar delapan juta euro. Ada kekurangan tujuh juta euro.

Untuk menggantikan Rio, Manor telah menunjuk Ocon. Ocon akan menjadi rekan setim yang baru untuk Pascal Wehrlein.

"Kami sangat senang menyambut Esteban di Manor Racing untuk sisa musim ini. Dia adalah salah satu bintang yang sedang naik daun di F1, bersinar sebagai pebalap cadangan Renault, juga berkompetisi di DTM bersama Mercedes-AMG tahun ini," ujar Racing Director Manor, Dave Ryan, di situs resmi Manor.

Ocon, 19 tahun, adalah juara Formula 3 Eropa tahun 2014 dan juara GP3 tahun 2015. Dia pernah menjadi pebalap tes untuk tim Lotus pada 2014 dan Force India pada tahun lalu.

Pada tahun ini, Ocon bergabung dengan Mercedes sebagai pebalap junior. Dia juga menjadi pebalap cadangan Renault.

Ocon akan membalap di balik kemudi mobil Manor di sembilan seri F1 yang tersisa pada musim ini. Dia akan menjalani debutnya di GP Belgia, 28 Agustus mendatang.

"Saya siap untuk langkah menarik ini, berkat pengalaman yang saya dapat sebagai pebalap cadangan F1 musim ini," ucap Ocon.

"Saya ingin berterima kasih kepada Renault dan Mercedes-Benz atas kerja samanya untuk mewujudkan hal ini, dan kepada Manor Racing atas kesempatannya, yang akan saya ambil dengan sangat antusias," katanya. (mfi/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com