detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 11 Agu 2016 19:25 WIB

Rio Akan Berusaha Kembali ke Lintasan F1 Secepatnya

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Foto: Manor Grand Prix Racing Ltd
Jakarta - Rio Haryanto telah menerima tawaran untuk menjadi pebalap cadangan Manor Racing. Rio bertekad untuk segera kembali ke lintasan Formula 1.

Posisi Rio sebagai pebalap utama Manor telah diambil alih oleh pebalap Prancis, Esteban Ocon, setelah Rio tak mampu memenuhi kewajibannya sebagai pay driver. Ocon akan menjadi rekan setim Pascal Wehrlein di sembilan seri tersisa pada musim ini, dimulai dari GP Belgia pada 28 Agustus mendatang.

(Baca juga: Manor Putus Kontrak Rio Haryanto)

Dengan demikian, perjalanan Rio sebagai pebalap utama Manor hanya bertahan selama 12 seri. Dalam 12 seri tersebut, Rio tiga kali gagal finis dan pencapaian terbaiknya adalah finis di posisi ke-15 di GP Monako.

"Tentu saya berharap bisa tampil hingga akhir musim dan bertanding di sirkuit-sirkuit seperti Spa dan Monza yang tampaknya cocok dengan karakter mobil MRT05. Sebagai satu-satunya wakil dari Asia, saya juga berharap tampil di Grand Prix Singapura, Malaysia, Jepang, dan Abu Dhabi di mana sejumlah supporter dari tanah air sudah tidak sabar untuk datang langsung ke sirkuit," ujar Rio dalam rilis yang diterima detikSport.

Sebagai pebalap cadangan, Rio hanya akan turun ke lintasan jika Wehrlein atau Ocon berhalangan, entah karena sakit, cedera, atau alasan lainnya. Meski begitu, Rio akan tetap dilibatkan dalam pertemuan-pertemuan teknis bersama tim dan aktivitas-aktivitas public relations Manor.

"Saya ucapkan terima kasih kepada tim Manor Racing yang telah membuka kesempatan, bukan hanya bagi saya sendiri, tapi bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ingin memiliki wakil dari tanah air di Kejuaraan Dunia Formula 1. Tak lupa, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Pertamina dan buku tulis KIKY, juga kepada keluarga, manajemen, hingga fans yang tiada hentinya mengirimkan pesan-pesan dukungan," kata Rio.

Manajer Rio, Piers Hunnisett, mengatakan bahwa alasan menerima tawaran Manor untuk menjadi pebalap cadangan adalah agar Rio tetap berada di dunia F1 dan punya kesempatan tampil lagi sebagai pebalap utama pada tahun depan. Rio sendiri akan berusaha agar dirinya bisa kembali ke trek secepatnya.

"Saya akan berusaha untuk kembali bertanding di F1 secepat mungkin," kata Rio.

(mfi/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com