detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 11 Agu 2016 20:20 WIB

Rio Akan Banyak Belajar dari Statusnya Sebagai Pebalap Cadangan

Mercy Raya - detikSport
Foto: Lars Baron/Getty Images Foto: Lars Baron/Getty Images
Jakarta - Rio Haryanto telah resmi menerima tawaran Manor Racing untuk menjadi pebalap cadangan tim tersebut. Ada beberapa pertimbangan yang membuat Rio menerimanya.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, menyebut keputusan itu diambil dengan harapan Rio akan semakin banyak belajar.

"Dengan tetap berada di tim tersebut Rio bisa berada di lingkungan F1 dan bisa tahu lebih banyak soal sirkuit baru seperti di Mexico, Brasil, Amerika Serikat, Jepang. Dia akan lebih banyak belajar lagi," singkat Indah kepada detikSport.

Di luar itu, untuk menjadi pebalap cadangan Rio tak perlu lagi pusing menyoal masalah dana. Untuk diketahui buntut dari keputusan Manor Racing melepas Rio dari pebalap utama ke pebalap cadangan karena alasan finansial. Rio tidak mampu memenuhi kesepakatan pembayaran kontrak satu musim yaitu 15 juta euro.

Pebalap asal Solo itu hanya menyanggupi pembayaran separuh musim sebesar 8 juta euro, dengan rincian 5 juta dari Pertamina sebagai sponsor utama dan 3 juta euro dari pinjaman bank.

"Pebalap cadangan itu tidak perlu bayar. Tetapi untuk mendapat kursi balapan sebagian besar pebalap itu memang harus membayar seperti Sergio Perez, Felippe Massa, Kevin Magnussen, Jolyon Palmer, Pascal Wehrlein, " kata manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett terpisah.

"Sekalipun itu musim depan, pebalap itu harus mendatangkan sponsorship yang dapat menguntungkan menguntungkan tim, " pungkas Piers. (mcy/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com