detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 13 Agu 2016 21:35 WIB

Ini Komentar Rio soal Dana yang Tak Ia Peroleh dari Negaranya

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Foto: detiksport/resha Foto: detiksport/resha
Jakarta - Rio Haryanto mengapresiasi usaha Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) merayu Manor agar mempertahankannya. Namun, pada akhirnya ia tidak memperoleh dana yang diharapkan.

Rio cuma sampai 11 seri di Formula 1 musim ini karena tempatnya di Manor Racing digantikan oleh Esteban Cocon. Adalah ketidakmampuan Rio dalam melunasi sisa uang sebagai pay driver, yang menyebabkan dia harus melakoni sisa musim sebagai pebalap cadangan.

Atas hal itu Kemenpora sudah menyampaikan kekecewaannya dan meminta maaf karena tidak bisa membantu mencarikan dana untuk Rio agar tetap membalap.

Menpora Imam Nahrawi juga ssempat berniat mengirimkan surat kepada pihak manajemen Manor agar tetap memakai Rio, setidaknya hingga musim selesai. Itu adalah surat kedua Menpora setelah di awal tahun ini meminta Manor agar memberikan kelonggaran untuk Rio mencicil "uang masuk"-nya.

"Mereka sudah berusaha semaksimal mungkin dengan mengusahakan dana untuk saya, tapi sayangnya tidak diizinkan," ujar Rio dalam acara temu media dan fans di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di ICE Bumi Serpong Damai, Tangerang, Sabtu (13/8/2016) sore WIB.

"Soal surat kedua, usaha yang bagus dari Menpora tapi yang diperlukan adalah dana. Terima kasih atas perjuangan dan effort yang diberikan Pak Menpora. Tapi maaf sayangnya kami butuh dana," sambungnya.

Kemenpora memang sejak awal menjanjikan membantu mencarikan dana buat Rio, untuk menambahkan sponsorship dari Pertamina. Namun, proposal mereka tidak disetujui DPR. Mereka juga sudah mencoba mengajak sejumlah BUMN untuk menyumbang, tapi tidak memperoleh respons yang diharapkan. [Baca juga: Ini Penjelasan Kemenpora soal Upaya Mencarikan Dana untuk Rio Haryanto]


(mrp/a2s)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com