Kena Penalti 10 Detik, Vettel Tak Jadi Dapat Podium

ADVERTISEMENT

Kena Penalti 10 Detik, Vettel Tak Jadi Dapat Podium

Meylan Fredy Ismawan - Sport
Senin, 31 Okt 2016 08:02 WIB
Foto: REUTERS/Henry Romero
Mexico City - Sebastian Vettel tak jadi menempati posisi ketiga dalam balapan GP Meksiko meski dia naik podium. Karena sebuah manuver yang dianggap membahayakan, pebalap Ferrari itu terkena penalti 10 detik.

Dalam balapan di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City, Senin (31/10/2016) dinihari WIB, Vettel menjadi pebalap keempat yang menyentuh garis finis setelah Lewis Hamilton, Nico Rosberg, dan Max Verstappen.

(Baca juga: Menangi GP Meksiko, Hamilton Jaga Peluang Juara)

Akan tetapi, Verstappen kemudian terkena penalti lima detik akibat sebuah aksi "potong kompas" ketika mempertahankan posisi ketiga dari tekanan Vettel. Vettel pun naik ke posisi ketiga dan berhak naik podium, Daniel Ricciardo naik ke posisi keempat, sedangkan Verstappen turun ke posisi kelima.

Sial buat Vettel, dia belakangan juga dikenai hukuman penalti yang lebih berat daripada Verstappen. Penyebabnya adalah sebuah aksinya ketika akan disalip dari sisi dalam oleh Ricciardo. Steward menilai Vettel mengubah arah di zona pengereman dan melakukan sebuah manuver yang berpotensi membahayakan pebalap lain.

Atas aksinya itu, Vettel dijatuhi penalti 10 detik, yang membuatnya turun ke posisi kelima. Ricciardo pun naik ke posisi ketiga, sedangkan Verstappen naik ke posisi keempat.
Foto: Getty Images/Lars Baron

Dengan finis ketiga di Meksiko, Ricciardo mengamankan posisi ketiga di klasemen pebalap. Pebalap Red Bull itu kini mengumpulkan 242 poin, di bawah Rosberg (349) dan Hamilton (330), serta di atas Vettel (187) dengan dua seri tersisa.


(mfi/roz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT