DetikSport
Minggu 27 November 2016, 22:08 WIB

Hamilton Menangi GP Abu Dhabi, Rosberg Tetap Juara Dunia

Lucas Aditya - detikSport
Hamilton Menangi GP Abu Dhabi, Rosberg Tetap Juara Dunia Foto: REUTERS/Ahmed Jadallah
Abu Dhabi - Driver Mercedes, Lewis Hamilton, tak bisa membendung Nico Rosberg meraih gelar juara dunia pertama. Dia memenangi GP Abu Dhabi, Rosberg finis kedua.

Saat membalap di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Minggu (27/11/2016) malam WIB, Hamilton menjadi yang pertama dengan catatan waktu satu jam 38 menit 4,013 detik.

Kemenangan itu tak mampu menghambat ambisi Rosberg menjadi juara dunia untuk pertama kalinya, setelah mampu finis 0,439 detik lebih lambat dari Hamilton untuk menempati posisi runner-up.

Ambisi Hamilton untuk meraih gelar juara dunia untuk ketiga kalinya secara berurutan pun sirna. Dia berjarak lima angka dari Rosberg, yang finis di puncak klasemen pebalap musim ini dengan raihan 385 poin. Selisih keduanya cuma lima poin saja.

Ada di posisi tiga di balapan terakhir musim 2016 adalah pebalap tim Ferrari, Sebastian Vettel dengan catatan waktu Melengkapi posisi lima besar ada dua driver Red Bull, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo.

Jalannya balapan

Hamilton berhasil mempertahankan posisi pertama saat start. Dia diikuti oleh Rosberg yang juga sukses mempertahankan posisinya saat start.

Beberapa saat setelah start, Max Verstappen mengalami senggolan hingga mobilnya memutar. Dia ada di posisi 14 saat kembali bisa kembali melaju di lintasan.

Hingga lap kelima, Hamilton terus nyaman berada di posisi terdepan balapan terakhir ajang F1 yang terakhir di musim ini.

Dua lap kemudian, Hamilton melakukan pergantian ban. Dia baru bisa kembali menjadi yang pertama di lap kesembilan. Sementara itu, Rosberg ada di posisi tiga setelah melakukan pit. Dia sedikit terhambat saat berada di pit usai melakukan pergantian ban.

Jenson Button mengakhiri musim ini dengan pahit. Dia mengalami masalah pada ban kanan depan kanan mobil Honda yang dikemudikannya di lap 13, hingga harus menyudahi balapan lebih awal.

Hingga lap 20, Hamilton ada di posisi pertama. Sementara itu, Rosberg bisa mengambil alih posisi dua dari tangan Verstappen.

Dua lap usai disalip Rosberg, Verstappen masuk pit. Dia menempati posisi delapan saat masuk ke trek.

Hamilton terus berada di posisi terdepan hingga lap 27. Dia unggul 3,247 detik dari catatan waktu Rosberg yang ada di posisi dua.

Rosberg bisa memangkas jarak waktu dari Hamilton di lap 33. Dia tinggal berjarak 1,069 detik dari pebalap asal Inggris itu.

Jalannya lap terakhir berjalan seru, Vettel yang ada di posisi ketiga mencoba merangsek ke posisi runner-up.

Hingga balapan selesai, Hamilton terus menjadi yang terdepan. Sementara itu, Rosberg terus menguntit dengan jarak tak lebih dari dua detik.


Hasil Balapan GP Abu Dhabi:

No-Nama-Tim-Waktu

1. Lewis Hamilton - Mercedes 1:38:04.013
2. Nico Rosberg - Mercedes +0.439s
3. Sebastian Vettel - Ferrari +0.843s
4. Max Verstappen - Red Bull +1.685s
5. Daniel Ricciardo - Red Bull +5.315s
6. Kimi Raikkonen - Ferrari +18.816s
7. Nico Hulkenberg - Force India +50.114s
8. Sergio Perez - Force India +58.776s
9. Felipe Massa - Williams Mercedes +59.436s
10. Fernando Alonso - McLaren +59.896s
11. Romain Grosjean - Haas +76.777s
12. Esteban Gutierrez - Haas +95.113s
13. Esteban Ocon - Manor +1 lap
14. Pascal Wehrlein - Manor +1
15. Marcus Ericsson - Sauber +1
16. Felipe Nasr - Sauber +1
17. Jolyon Palmer - Renault +1 lap

Gagal Finis

Carlos Sainz Toro Rosso
Daniil Kvyat Toro Rosso
Jenson Button McLaren
Valtteri Bottas Williams
Kevin Magnussen Renault


(cas/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed