DetikSport
Senin 28 November 2016, 10:55 WIB

Titel Juara Dunia Nico Rosberg dalam Angka

Kris Fathoni W - detikSport
Titel Juara Dunia Nico Rosberg dalam Angka Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed
Jakarta - Pebalap Mercedes Nico Rosberg meraih titel juara dunia F1 2016. Ia menjadi driver ke-33 yang menjadi kampiun dalam sejarah kejuaraan dunia F1.

Rosberg dipastikan menjuarai musim ini berkat keberhasilannya finis kedua di balapan pamungkas, GP Abu Dhabi. Ia unggul lima angka dari Lewis Hamilton, rekan setim sekaligus rivalnya, yang meraih kemenangan dalam balapan.

Berikut sejumlah catatan mengenai keberhasilan Rosberg tersebut, seperti dirangkum Formula1.com

- Rosberg baru menjadi pebalap Jerman ketiga yang meraih titel juara dunia F1, setelah Michael Schumacher dan Sebastian Vettel.

- Di antara mereka, ketiganya secara gabungan menjuarai 12 dari 24 musim terakhir F1. Sebelum Schumacher, Jerman tak pernah menjuarai 43 musim sebelumnya.

- Jerman kini punya tiga juara dunia F1, paling banyak kedua dalam sejarah setara dengan Brasil (Emerson Fittipaldi, Nelson Piquet, dan Ayrton Senna) dan Finlandia (Keke Rosberg, Mika Hakkinen, dan Kimi Raikkonen).

- Keke adalah ayah Nico Rosberg. Ini membuat baru kali kedua dalam sejarah pasangan ayah dan anak menjadi juara dunia. Secara keseluruhan ada 13 pasangan ayah dan anak yang membalap di F1, tapi sebelum ini cuma ada Graham dan Damon Hill yang jadi kampiun.

- Seperti Keke, Nico juga menjuarai musim ini dengan menggunakan nomor 6 di mobil.

Titel Juara Dunia Nico Rosberg dalam AngkaFoto: REUTERS/Ahmed Jadallah

- Rosberg harus menunggu cukup lama sebelum jadi juara dunia: ia melewati 11 musim beruntun sebelum jadi kampiun, kedua terpanjang dalam sejarah, di belakang Nigel Mansell yang keberhasilannya menjadi juara dunia terjadi pada musim penuhnya yang ke-12.

- Rosberg sudah menjalani 206 grand prix secara keseluruhan, jumlah start tertinggi sebelum jadi juara dunia. Berikutnya ada Mansell dengan 176. Jenson Button dan Kimi Raikkonen juga menempati posisi empat besar kategori itu, meraih mahkota juara dunianya setelah start ke-169 dan ke-120 secara berurutan.

- Dominasi Rosberg musim ini sedemikian luar biasa. Dari 1.268 lap balapan ia menjalani 957 di antaranya, alias 75 persen dari musimnya, di posisi tiga besar.

- Musim ini Rosberg juga cuma menghabiskan 13 lap di luar 10 besar. Tapi itu masih belum bisa melewati pencapaian Michael Schumacher--saat musim 2000, Schumacher tidak menjalani satu putaran pun di luar delapan besar.

- Fondasi kesuksesan Rosberg lahir di awal musim ketika ia melewati empat kemenangan beruntun. Pada periode itu ia memimpin dalam 186 putaran dari total 223 lap--berarti bahwa ia memimpin 85 persen.

- Rosberg tidak kuasa mempertahankan supremasi macam itu sepanjang musim, Rosberg masih punya sembilan kemenangan musim ini--lebih sedikit satu kemenangan dari Hamilton.Michael Schumacher dan Sebastian Vettel saat ini berbagi pencapaian jumlah kemenangan terbanyak dalam satu musim yakni 13 kemenangan.

- Jumlah sembilan kemenangan musim ini juga membuat Rosberg terus memoles hasil dalam lima tahun terakhir dalam konteks jumlah kemenangan dan podium dalam semusim. Pada 2011 ia absen sama sekali dari podium; pada 2012 ia menang sekali dan dua kali naik podium; di 2013 meraih 2 kemenangan dan 4 podium; di 2014 meraih 5 kemenangan dan 15 podium; di 2015 6 kemenangan dan 15 podium; di 2016 meraih 9 kemenangan dan 16 podium.

Titel Juara Dunia Nico Rosberg dalam AngkaFoto: Clive Mason/Getty Images

- Penampilan Mercedes dalam beberapa musim terakhir juga sama impresifnya. Mereka bahkan menjadi tim keempat dalam sejarah, setelah McLaren, Ferrari, dan Red Bull, yang menjuarai titel juara dunia konstruktor selama tiga musim beruntun.

- Soal Mercedes, Rosberg kini menjadi juara dunia ketiga tim berjuluk Silver Arrow tersebut setelah Lewis Hamilton (2014, 2015) dan Juan Manuel Fangio (1954, 1955).

- Ini menjadi kali ketiga dalam sejarah titel juara dunia ditentukan di Abu Dhabi.




(krs/nds)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed