ADVERTISEMENT

Terkait Pebalap-Pebalap Remaja, Villeneuve Tak Mau F1 Kelihatan Gampangan

Kris Fathoni W - Sport
Rabu, 14 Des 2016 13:21 WIB
Foto: Lance Stroll (Mark Thompson/Getty Images)
Toronto - Juara dunia F1 1997 Jacques Villeneuve merisaukan kecenderungan masuknya para pebalap remaja ke F1. Ia menyebut hal itu bisa memberi citra keliru akan F1.

Setelah Max Verstappen tahun lalu menjalani debut di F1 pada usia 17, di musim 2017 mendatang ada Lance Stroll yang akan membalap buat Williams di usia 18 tahun. Kedua pebalap itu terjun langsung ke F1 dari Formula 3.

Villeneuve menyebut tidaklah tepat buat F1 untuk memiliki remaja-remaja yang sudah membuat debutnya dalam balapan grand prix. Menurutnya itu bikin ajang F1 kelihatan "gampangan".

"Pada dasarnya 'koper' mereka belum penuh. Biasanya Anda masuk ke F1 dengan 'koper' setengah penuh dan Anda harus mengisi yang separuhnya lagi," kata Villeneuve kepada Motorsport.com.

"Kini mereka datang dengan 'koper' yang masih ada label dari toko dan bahkan belum dibuka! Itu keliru. Tak peduli seberapa berbakatnya mereka, ini F1, sebuah ajang puncak.

"Jadi ada sesuatu yang hilang. Anda bisa saja sangat berbakat, supercepat, tapi citra yang muncul kini juga jadi keliru. Harusnya tidak mudah untuk bisa ke sana (F1), tapi sekarang jadi tidak," tuturnya.


(krs/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT