detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 28 Des 2016 14:15 WIB

Red Bull Sindir Mercedes yang Belum Juga Tunjuk Pengganti Rosberg

Kris Fathoni W - detikSport
Foto: REUTERS/Toru Hanai Foto: REUTERS/Toru Hanai
Milton Keynes - Mercedes belum juga menunjuk pengganti Nico Rosberg di timnya. Hal itu mengundang sindiran dari Helmut Marko, penasihat di tim Red Bull Racing.

Pengumuman mendadak Rosberg untuk pensiun, beberapa hari setelah memastikan titel F1 2016, membuat satu kursi Mercedes jadi lowong. Sejauh ini belum ada kepastian siapa yang akan jadi rekan satu tim Lewis Hamilton musim depan.

Pemilihan waktu pengumuman Rosberg itu sendiri membuat Mercedes kurang bisa bergerak leluasa dalam mencari pengganti. Sebastian Vettel dan Fernando Alonso, misalnya, yang masih terikat kontrak ketat dengan Ferrari dan McLaren-Honda secara berurutan kendatipun digadang-gadang sangat berminat untuk mendapat kesempatan duduk di kursi pebalap Mercedes demi memburu gelar juara dunia.

Opsi lain seperti mendekati Nico Huelkenberg juga tak dapat diwujudkan karena bulan Oktober lalu ia sudah menuntaskan kepindahan dari Force India ke Renault.

Situasi tersebut membuat Mercedes kini terlihat cuma memiliki dua opsi paling memungkinkan yakni memilih pebalap Williams Valtteri Bottas atau menunjuk Pascal Wehrlein, pebalap akademinya sendiri yang di 2016 membela Manor.

Pun begitu, Marko menganggap Mercedes sudah kelewat lambat dalam memutuskan pengganti Rosberg. Marko menilai Mercedes seperti percaya dengan jenjang pembinaannya sendiri karena tidak langsung menunjuk Wehrlein.

"Mereka punya program untuk pebalap muda dan memiliki Wehrlein yang digadang-gadang bakal bagus. Tapi menurut informasi kami, kursi itu takkan ditempati Wehrlein," ucap Marko kepada Vital F1.

"Itu artinya mereka tidak percaya dengan program pebalap muda mereka sendiri. Oke, Wehrlein masih amat muda (sehingga jadi pilihan riskan), tapi takkan menyenangkan jika tidak ada risiko," sebutnya.


(krs/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com