ADVERTISEMENT

Bottas Resmi Jadi Pengganti Rosberg di Mercedes

Meylan Fredy Ismawan - Sport
Selasa, 17 Jan 2017 01:02 WIB
Foto: Getty Images/Lars Baron
Brackley - Terjawab sudah siapa pebalap baru Mercedes yang menggantikan Nico Rosberg. Sesuai rumor yang beredar dalam beberapa waktu terakhir, Mercedes menjatuhkan pilihannya pada Valtteri Bottas.

Mercedes terpaksa mencari pebalap baru lantaran Rosberg secara mengejutkan memutuskan untuk pensiun sebagai pebalap Formula 1 hanya beberapa hari setelah merebut gelar juara dunia.

Meski nama Pascal Wehrlein sempat disebut-sebut sebagai calon pengganti Rosberg, Bottas-lah yang belakangan muncul sebagai kandidat terkuat. Namun, upaya Mercedes untuk merekrut Bottas tidak gampang karena pebalap Finlandia terikat kontrak dengan Williams.

Williams hanya mau melepas Bottas jika mereka mendapatkan pebalap berpengalaman lainnya sebagai pengganti. Mereka tak mungkin memasangkan pebalap debutan Lance Stroll dengan pebalap muda lain karena itu akan memunculkan masalah dengan sponsor mereka, Martini.

Setelah melalui proses negosiasi yang berliku, Williams akhirnya setuju untuk melepas Bottas ke Mercedes. Bottas pun akan menjadi rekan setim Lewis Hamilton untuk kompetisi musim 2017.

"Saya sudah sangat lama memimpikan bergabung dengan sebuah tim seperti ini, jadi saya amat bangga menjadi bagian dari ini. Mercedes harus bangga atas apa yang mereka capai dalam tiga tahun terakhir dan juga dalam sejarah Formula 1," ujar Bottas seperti dikutip Crash.net.

"Saya tak sabar untuk mengemudikan Silver Arrow tahun ini dan saya tak sabar untuk bekerja. Saya gembira semuanya sudah beres," tambah pebalap berusia 27 tahun itu.



Seri GP Australia di Sirkuit Albert Park, 26 Maret mendatang, akan menjadi debut Bottas dalam balapan bersama Mercedes.

"Ini adalah musim kelima saya di F1. Saya meraih sembilan podium bersama Williams, tapi saya masih mengejar kemenangan pertama saya. Jadi, itulah misi pertama saya," kata Bottas di situs resmi F1.

Williams sendiri pada akhirnya menunjuk Felipe Massa sebagai pengganti Bottas. Massa, yang sebelumnya sudah mengumumkan pensiun dari F1, setuju untuk kembali dan membalap lagi pada tahun ini.


(mfi/rqi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT