Tunda Pensiun, Felipe Massa Kembali ke Williams

Meylan Fredy Ismawan - Sport
Selasa, 17 Jan 2017 02:03 WIB
Foto: REUTERS/Toru Hanai
Wantage - Felipe Massa masih akan berada di arena Formula 1 pada tahun ini meski sebelumnya menyatakan pensiun. Pebalap Brasil itu menerima tawaran untuk kembali membalap untuk Williams.

Massa, 35 tahun, sebenarnya sudah mengucapkan salam perpisahan dengan F1 seusai balapan GP Abu Dhabi pada November lalu. Namun, pensiunnya Nico Rosberg ternyata memunculkan efek domino yang ikut melibatkan Massa.

Lantaran Mercedes menginginkan Valtteri Bottas sebagai pengganti Rosberg, Williams pun harus mencari pebalap berpengalaman lainnya sebagai pengganti. Mereka tak mungkin memasangkan pebalap debutan Lance Stroll dengan pebalap muda lain karena itu akan memunculkan masalah dengan sponsor mereka, Martini.

(Baca juga: Bottas Resmi Jadi Pengganti Rosberg di Mercedes)

Williams kemudian membujuk Massa untuk menunda pensiunnya. Massa menerima tawaran tersebut dan bersedia membalap semusim lagi.

"Pertama-tama, saya sangat gembira punya kesempatan kembali ke Williams. Saya selalu ingin membalap di suatu tempat pada 2017, tapi Williams adalah tim yang dekat dengan hati saya dan saya punya rasa hormat atas semua yang ingin mereka capai," ujar Massa di Crash.net.

"Valtteri punya peluang bagus, mengingat serangkaian peristiwa yang terjadi pada musim dingin, dan saya doakan yang terbaik untuknya di Mercedes," tambah pebalap yang menjadi runner-up musim 2008 itu.

"Dukungan dari fans saya selama beberapa pekan terakhir adalah dorongan besar dan saya berterima kasih untuk itu. Saya juga sangat menantikan bekerja bersama Lance. Saya sudah mengenalnya selama bertahun-tahun dan melihat bakatnya berkembang. Jadi, saya ingin melihat apa yang bisa kami capai bersama-sama," kata Massa.

Musim 2017 akan menjadi musim ke-15 Massa di F1. Mantan pebalap Ferrari itu sejauh ini telah meraih 11 kemenangan, 41 podium, dan 16 pole position.


(mfi/mrp)