DetikSport
Kamis 26 Jan 2017, 05:06 WIB

Williams: Mercedes Sangat Beruntung Memiliki Bottas

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Williams: Mercedes Sangat Beruntung Memiliki Bottas Foto: Getty Images Sport/Mark Thompson
Wantage - Valtteri Bottas telah terpilih sebagai pebalap baru Mercedes untuk menggantikan Nico Rosberg. Williams selaku tim lama Bottas menyebut Mercedes sangat beruntung memiliki pebalap asal Finlandia itu.

Williams adalah tim yang membesarkan nama Bottas. Bottas menjadi pebalap tes di tim tersebut pada musim 2010 hingga 2012.

Naik level jadi pebalap utama Williams sejak 2013, Bottas memperlihatkan prestasi yang relatif konsisten dari tahun ke tahun. Pencapaian terbaiknya adalah saat finis di posisi keempat klasemen akhir pada musim 2014.

Meski belum pernah memenangi balapan, Bottas dinilai Mercedes memenuhi syarat untuk menjadi pebalap mereka. Pebalap yang sekarang berusia 27 tahun itu pun sekarang jadi rekan setim Lewis Hamilton.

"Valtteri tentunya sudah menjadi bagian besar dari Williams. Dia memulai kariernya di Formula 1 bersama kami, sebagai pebalap binaan kami pada 2010, dia dengan cepat dipromosikan sebagai pebalap tes, pebalap cadangan, dan kemudian menjadi pebalap utama pada 2013," ujar wakil prinsipal tim Williams, Claire Williams, seperti dikutip F1 Today.

"Jadi, dia adalah bagian tak terpisahkan dari perkembangan tim ini dalam tiga tahun terakhir. Dia mengantarkan kami meraih banyak podium. Dia memberikan banyak poin untuk kami di klasemen konstruktor, dan pada 2014 serta 2015 membantu tim ini menempati peringkat ketiga di klasemen konstruktor," tutur Williams.

"Jadi, dia punya peran sepenting itu. Tapi, selain melihat performa yang diberikan Valtteri kepada tim, dia juga pribadi yang sangat baik. Dia adalah seorang team player dan tahu arti penting dari meleburkan dirinya ke dalam tim dan menjalin hubungan baik dengan para engineer. Bukan cuma dari sisi engineer tapi juga pemasaran," lanjutnya.

"Dia memahami apa yang Anda butuhkan untuk menjadi seorang pebalap F1 yang holistik, jadi Mercedes sangat beruntung memiliki dia. Kerugian kami adalah keuntungan mereka," kata Williams.

Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Bottas, Williams telah meminta Felipe Massa untuk menunda pensiunnya dari F1. Massa akan menjadi pebalap Williams pada musim 2017 bersama debutan Lance Stroll.



(mfi/nds)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed