DetikSport
Jumat 03 Feb 2017, 01:36 WIB

Fokus Vandoorne Bukan Mengalahkan Alonso

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Fokus Vandoorne Bukan Mengalahkan Alonso Foto: Getty Images/Clive Rose
Woking - Stoffel Vandoorne menyatakan bahwa mengalahkan Fernando Alonso bukanlah prioritasnya untuk musim ini. Vandoorne lebih memikirkan bagaimana caranya mengembalikan daya saing McLaren.

Vandoorne adalah salah satu pebalap debutan di kompetisi Formula 1 2017. Pebalap berkebangsaan Belgia itu menggantikan Jenson Button di McLaren.

Sebagai pebalap didikan McLaren, Vandoorne punya prestasi yang mengilap sebelum menembus Formula 1. Dia adalah juara GP2 musim 2015.

Vandoorne sebenarnya sudah tampil di F1 pada musim 2016 dengan membalap di GP Bahrain. Dia tampil mengesankan dan sukses mencetak satu poin dalam balapan tersebut. Namun, saat itu statusnya adalah pengganti Alonso yang sedang tidak fit.

Vandoorne sudah cukup mengenal Alonso selama dirinya masih menjadi pebalap tes McLaren. Setelah sekarang dipromosikan sebagai pebalap utama, pebalap berusia 24 tahun itu tak lantas punya ambisi muluk-muluk untuk mengalahkan rekan setimnya itu.

"Saya punya hubungan yang sangat baik dengan Fernando," ucap Vandoorne dalam wawancara dengan Motorsport.com.

"Tentu saja saya bisa bekerja dengannya selama dua tahun terakhir, dan melihat bagaimana dia bekerja di dalam tim dan bagaimana dia mendorong tim untuk maju. Saya tahu betul dia seperti apa.

"Dia adalah seorang pebalap yang amat kompetitif dan semua orang tahu kemampuannya dan masih berpikir dia adalah salah satu yang terbaik. Jadi, saya tentunya akan punya patokan yang sangat bagus di samping saya.

"Tapi, bagi saya akan salah kalau cuma fokus ke Fernando. Saya pikir target utama kami adalah mengembalikan McLaren-Honda ke barisan depan, yang mana akan menjadi fokus kami.

"Lalu, bagi saya, saya cuma harus memastikan saya memaksimalkan setiap situasi, tidak membuat kesalahan konyol apapun, dan memastikan saya melakukan semuanya dengan benar.

"Ketika saya melakukan itu, saya biasanya juga mendapatkan hasil bagus. Jadi, itu akan menjadi fokus utama bagi saya," kata Vandoorne.

F1 2017 akan resmi dimulai pada 26 Maret mendatang. GP Australia masih menjadi seri pembuka.
(mfi/rin)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed