DetikSport
Minggu 19 Feb 2017, 18:09 WIB

Tuntutan Hamilton: Setop Berbagi Data Antarpebalap Setim

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Tuntutan Hamilton: Setop Berbagi Data Antarpebalap Setim Foto: REUTERS/Ahmed Jadallah
Jakarta - Juara dunia tiga kali Lewis Hamilton menginginkan untuk penghentian aturan berbagi data antar pebalap dalam satu tim. Menurut Hamilton, hal itu tidak adil.

Pebalap Mercedes akan bertandem dengan Valtteri Bottas mulai 2017. Bottas menggantikan Nico Rosberg, yang memilih pensiun hanya beberapa hari setelah meraih gelar juara dunia pertamanya.

Hamilton mengaku dirinya tak masalah apabila data mengenai performa mobil dilihat oleh mekanik masing-masing pebalap. Tapi dirinya tak setuju kalau masing-masing pebalap harus berbagi datanya.

"Aku tampil, melakukan semua putaranku, melakukan semua pekerjaan rumahku, [dan] rekan orang lain bisa melihat semuanya," keluh Hamilton kepada sponsor Mercedes, UBS, yang dikutip Motorsport.com.

"Aku sudah meminta kepada timku. Aku tidak ingin melihat data dari rekan setimku. Aku merasa hal tersebut adil bahwa dia melakoni perlombaan terbaiknya, dan aku bisa mempelajari penampilan terbaiknya di sebuah komputer."

"Sebagai contoh, ketika kami mengendarai mobil kami memilih titik-titik mengerem, tanda pada karet ban di lintasan, semua hal-hal yang berbeda untuk membantu Anda melewati tikungan secepat mungkin. Dan pebalap yang lain mungkin secara alami bisa melakukan kurang lebih sama dengan Anda."

"Tapi karena data ini mereka bisa meniru Anda. 'Oh, dia mengerem lima meter lebih lambat di sana, aku akan mencoba mengerem lima meter lebih lamat di sana.' Jadi itulah apa yang tidak kusukai, karena hal itu memungkinkan mereka untuk mendekat."

"Itulah apa yang kusuka tentang balapan go-kart, Anda tidak bisa berbagi data dan disitulah bakat mentah Anda bisa bersinar," cetus Hamilton.
(rin/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed