DetikSport
Minggu 26 Maret 2017, 13:55 WIB

Ferrari Memulai Musim dengan Kemenangan Lewat Aksi Vettel

Kris Fathoni W - detikSport
Ferrari Memulai Musim dengan Kemenangan Lewat Aksi Vettel Foto: Mark Thompson/Getty Images
FOKUS BERITA: F1 GP Australia
Melbourne - F1 2017 sudah resmi dimulai. Persaingan musim ini dibuka dengan kemenangan pebalap Ferrari Sebastian Vettel di GP Australia.

Kemenangan Vettel di Albert Park, Minggu (26/2/2017) siang WIB, tidak menjadi kejutan mengingat performa Ferrari yang sudah menjanjikan sepanjang musim dingin.

Sudah begitu Vettel pun melakukan start dengan baik dalam balapan, dengan terus menempel Lewis Hamilton (Mercedes) yang meraih pole. Pada akhirnya Hamilton harus puas finis kedua.

[Baca juga: Vettel Menangi Balapan Pembuka Musim, Hamilton Finis Kedua]

Satu podium lain dalam balapan ini ditempati oleh Valtteri Bottas, yang masuk ke Mercedes untuk mengisi posisi Nico Rosberg yang pensiun setelah memastikan gelar juara dunia musim lalu.

Potensi Ferrari jadi pesaing Mercedes musim ini kian terlihat dengan fakta bahwa Kimi Raikkonen juga berhasil menyelesaikan balapan di peringkat empat.

Seri balapan kedua musim ini akan dilangsungkan di Sirkuit Internasional Shanghai, pada GP China, tanggal 9 April mendatang.

Jalannya Balapan

Dalam balapan ini Lewis Hamilton menempati posisi pole dengan Sebastian Vettel berada tepat di sampingnya pada posisi start dua.

Sementara itu ada sedikit perubahan posisi menjelang start dengan Daniel Ricciardo memulai dari posisi 15, turun lima tempat dari sebelumnya, menyusul penalti grid akibat pergantian girboks.

Ricciardo kian apes karena lima menit menuju start mobilnya berhenti di lintasan dalam perjalanan menuju garis start! Si pebalap tuan rumah kemudian terlihat keluar dari mobil.

Dalam wawancara sebelum start, Red Bull menyatakan masih terus mengusahakan agar Ricciardo bisa tampil dalam balapan kandangnya tersebut.

Setelah sempat menjalani extra formation lap, akibat Nico Huelkenberg yang keliru menempati posisi start, balapan pertama musim ini akhirnya resmi dimulai.

Hamilton berhasil mempertahankan posisi selepas start, dengan Vettel membuntuti. Di putaran ini Marcus Ericsson terlihat mengalami insiden setelah disenggol oleh Kevin Magnussen, sehingga keduanya meluncur gravel.

Foto: REUTERS/Jason Reed

Menjelang akhir putaran dua, Ricciardo tampak meninggalkan garasi Red Bull untuk bergabung ke dalam balapan. Ia disambut tepuk tangan oleh para penonton di Albert Park.

Sampai dengan berakhirnya putaran lima, Hamilton masih memimpin balapan. Tapi Vettel terus membayanginya. Sedikit berjarak di belakang Vettel ada Bottas, dengan ketiga pebalap mulai meninggalkan para driver lain.

Memasuki putaran 10, Hamilton masih jadi yang terdepan dengan keunggulan sekitar 1,7 detik dari Vettel yang masih membuntuti. Bottas, Kimi Raikkonen, dan Max Verstappen secara berurutan melengkapi lima besar sementara.

Masih memimpin, Hamilton lantas berhasil menjadi pebalap F1 kedua yang memimpin 3 ribu lap dalam kariernya. Michael Schumacher adalah pebalap F1 pertama yang melakukannya.

Di putaran 15 Romain Grosjean terlihat meluncur ke pit, dengan mobil Haas-nya mengeluarkan asap. Memasuki putaran 18, Hamilton masuk pit untuk melakukan pergantian ban dan bergabung lagi ke lintasn di posisi lima.

Di tengah putaran ke-21, masih di posisi lima dalam usaha mengejar Verstappen, Hamilton terdengar mengeluhkan understeer pada mobilnya.

Vettel memasuki pit di putaran 23 dan kembali ke lintasan di posisi tiga, tepat di depan Verstappen yang masih belum bisa dilewati oleh Hamilton!

Menjelang putaran 26 Bottas memasuki pit untuk melakukan pergantian ban. Verstappen melakukan hal serupa di belakangnya. Di putaran 27, giliran Raikkonen yang masuk pit.

Hal itu membuat lima pebalap terdepan kini sama-sama sudah mencatat 1 stop, dengan posisi-posisi itu secara berurutan ditempati oleh Vettel, Hamilton, Bottas, Raikkonen, dan Verstappen.

Di putaran 29, mobil Ricciardo terlihat berhenti di luar lintasan pada Turn 3. Mobilnya tak lagi bisa berjalan dan balapan Ricciardo di negerinya sendiri pun berakhir.

Dengan 20 putaran tersisa, Vettel tercatat memimpin balapan nyaris 8 detik di depan Hamilton. Sementara di posisi tiga Bottas terus membayangi Hamilton dengan jarak tidak sampai 3 detik.

Foto: Mark Thompson/Getty Images

Ketika balapan memasuki putaran 45, Lance Stroll mengalami masalah rem pada mobil dan balapan pertamanya di F1 pun berakhir. Sudah ada lima retirement di balapan kali ini, yakni Grosjean, Jolyon Palmer, Ericsson, Ricciardo, dan kini Stroll.

Memasuki sepuluh putaran akhir, Vettel memimpin balapan dengan keunggulan 8,4 detik dari Hamilton. Di posisi tiga ada Bottas yang berjarak 2,6 detik dari Hamilton.

Di akhir putaran 50, Kevin Magnussen mengalami masalah di Turn 13. Ia pun bergabung dengan rekannya di Haas, Grosjean, yang sudah lebih dulu out.

Di lima putaran terakhir ada duel segitiga antara Esteban Ocon, Nico Huelkenberg, dan Fernando Alonso dalam memperebutkan posisi 10. Ocon berhasil memenangi duel tersebut.

Tak lama berselang, Alonso terlihat masuk pit. Ia tampak mengalami masalah pada mobil. Ia pun menjadi pebalap teranyar yang mengalami retirement di balapan kali ini.

Tak ada perubahan di posisi terdepan. Vettel pada akhirnya keluar sebagai pemenang, dengan Hamilton di posisi dua. Bottas membuat Mercedes menempatkan dua pebalap di atas podium berkat finis ketiga.




(krs/krs)

FOKUS BERITA: F1 GP Australia
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed