DetikSport
Minggu 09 Apr 2017, 14:59 WIB

GP China

Hamilton Menang, Vettel Kedua, Verstappen Curi Perhatian

Kris Fathoni W - detikSport
Hamilton Menang, Vettel Kedua, Verstappen Curi Perhatian Foto: REUTERS/Aly Song
Shanghai - Lewis Hamilton jadi pemenang di GP China, dengan Sebastian Vettel di posisi runner-up. Sementara Max Verstappen yang mencuri perhatian sukses finis ketiga.

Kemenangan Hamilton di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (9/4/2017) siang WIB, membuatnya sudah lima kali memenangi GP China. Itu juga jadi kemenangan ke-54 dalam karier pebalap Mercedes itu, sekaligus podium ke-106.

Sementara Vettel kali ini harus puas ada di posisi dua setelah pebalap Ferrari tersebut memenangi seri balapan pembuka musim, GP Australia, lalu. Vettel dan Hamilton kini memimpin klasemen pebalap dengan 43 poin.

Sedangkan Verstappen dari Red Bull meraih podium setelah mencuri perhatian lewat balapan impresif -- dari posisi start 16. Ia finis tepat di depan rekan satu timnya, Daniel Ricciardo.

Jalannya Balapan

Dengan permukaan sebagian lintasan masih lembab, walaupun secara umum kering, balapan GP China akhirnya dimulai sesuai jadwal.

Selepas start Lewis Hamilton mempertahankan posisi terdepan, dibuntuti Sebastian Vettel -- yang posisi startnya sedikit melenceng dari boks di grid. Sementara itu Kimi Raikkonen kehilangan posisi empat dari Daniel Ricciardo.

Yang menarik menarik adalah Max Verstappen sudah berhasil merangsek ke posisi tujuh dari posisi 16, setelah melakukan start dengan impresif.

Putaran pertama ini sudah memakan korban dengan Lance Stroll melintir keluar lintasan di Turn 10, memunculkan virtual safety car (VSC).

Memasuki putaran ketiga, serombongan pebalap masuk pit untuk melakukan pergantian ban. Vettel dan Fernando Alonso ada di antaranya.

Di awal putaran empat, tanpa VSC, Hamilton masih memimpin dengan diikuti Valtteri Bottas, Ricciardo, Raikkonen, dan Verstappen (!). Vettel terdorong ke posisi enam setelah sebelumnya masuk pit.

Di putaran ini Antonio Giovinazzi terlihat menghantam keras pembatas lintasan. Ia tak apa-apa tapi kejadian ini memunculkan safety car. Serpihan mobil akibat insiden ini, dan mobil Giovinazzi yang masih terparkir di lintasan, juga bikin para driver melipir masuk ke jalur pit untuk melewati tempat kejadian insiden.

Hamilton Menang, Vettel Kedua, Verstappen Curi PerhatianFoto: REUTERS/Aly Song

Balapan normal dilanjutkan di putaran delapan dengan Hamilton, Ricciardo, Raikkonen, Verstappen, dan Vettel menempati lima posisi terdepan. Bottas terlempar ke luar 10 besar akibat sempat melintir saat masih ada safety car. Sementara itu tak berapa lama di lap ini Verstappen langsung menyalip Raikkonen untuk merebut posisi tiga.

Memasuki putaran 11 Verstappen melewati rekan setimnya, Ricciardo, untuk menempati posisi dua di belakang Hamilton. Dua pebalap Ferrari, Raikkonen dan Vettel, secara berurutan ada di posisi empat dan lima.

Raikkonen terdengar mengeluhkan performa mobilnya di putaran 17. Saat itu ia sedang membuntuti Ricciardo dan dibayangi Vettel, dengan ketiga pebalap tidak terpaut jauh.

Memasuki putaran 20, Vettel melewati Raikkonen untuk mengambil alih posisi empat dari rekan satu timnya tersebut. Vettel gantian membuntuti Ricciardo.

Di putaran 22, Vettel wheel to wheel dalam usahanya menyalip Ricciardo. Ban kedua mobil sempat beradu, sampai akhirnya Vettel sukses melakukan aksi overtake untuk menempati posisi tiga.

Mobil Verstappen mengalami lock up di putaran 29 sehingga tak mulus dalam menikung. Hal itu dimanfaatkan Vettel untuk menyalipnya guna mengambil alih posisi dua. Satu lap kemudian Verstappen masuk pit dan keluar di posisi enam.

Memasuki putaran 33 Verstappen mengambil alih posisi lima dari Bottas yang ia salip. Verstappen kini berada di belakang Raikkonen yang sebelum itu terdengar kembali mengeluhkan kondisi mobilnya.

Di putaran 34 Alonso sempat menyalip Carlos Sainz Jr. tapi setelah itu sedikit meluncur keluar lintasan, membuat pesaingnya kembali menempati posisi tujuh. Setelah itu mobil Alonso terlihat melaju dengan perlahan-lahan. Mobil Alonso akhirnya benar-benar menyerah ketika balapan memasuki putaran ke-35. Kedua driver McLaren dipastikan DNF.

Memasuki putaran 47, Hamilton masih memimpin dengan cukup nyaman dengan Vettel, Verstappen, Ricciardo, dan Raikkonen melengkapi lima pebalap terdepan.

Di putaran-putaran akhir Verstappen mengeluhkan Romain Grosjean yang tidak memberinya jalan mengingat di belakangnya sudah ada ancaman serius dari Ricciardo. Sinyal bendera biru akhirnya dimunculkan buat Grosjean, tapi Ricciardo sudah sangat dekat dengan Verstappen yang berusaha mengamankan posisi finis ketiga.

Hamilton Menang, Vettel Kedua, Verstappen Curi PerhatianFoto: REUTERS/Aly Song


Pada akhirnya Verstappen berhasil mengatasi ancaman Ricciardo untuk melewati garis finis di posisi tiga, di belakang Vettel dan Hamilton sang pemenang.

[Baca juga: Hasil F1 GP China]




(krs/fem)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed