DetikSport
Senin 17 April 2017, 00:10 WIB

GP Bahrain

Vettel Berjaya di Bahrain, Hamilton Finis Kedua

Doni Wahyudi - detikSport
Vettel Berjaya di Bahrain, Hamilton Finis Kedua Foto: REUTERS/Andrej Isakovic/Pool
Bahrain - Sebastian Vettel meraih kemenangan keduanya musim ini setelah menjuarai F1 GP Bahrain. Dia mengalahkan Lewis Hamilton yang harus puas finis kedua setelah kena penalti.

Dalam balapan yang dilangsungkan di Bahrain International Circuit, Sakhir, Minggu (16/4/2017) malam WIB, hasil race sangat dipengaruhi oleh penalti lima detik yang diberikan pada Lewis Hamilton. Dia disanksi karena dianggap menghambat Daniel Ricciardo di pit lane.

Hukuman tersebut kemudian dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Sebastian Vettel. Pebalap Ferrari itu pada akhirnya menjadi juara di Bahrain, yang merupakan kemenangan kedua di musim ini setelah yang perdana di Melbourne.

Untuk Vettel, ini merupakan kemenangan ketiga dia di Bahrain. Sebelumnya dia sudah dua kai menang di sana pada musim 2012 dan 2013 ketika masih mengendarai Red Bull. Yang lebih penting dari itu semua adalah Vettel kini manjauhkan jaraknya di puncak klasemen. Mengoleksi 68 poin, dia unggul tujuh angka dari Hamilton di posisi dua.

Finis ketiga pada balapan ini adalah sang pemilik pole position, Valtteri Bottas.

Jalannya Balapan

Bottas berhasil mempertahankan posisi terdepan sesaat setelah start hingga masuk tikungan pertama. Start kurang oke dialami Hamilton yang kehilangan posisi kedua karena diambil alih Vettel.

Sementara itu duo Red Bull, Max Verstappen (start keenam) dan Daniel Ricciardo (start keempat) ada di urutan empat dan lima, di depan Kimi Raikkonen yang ada di urutan enam.

Bottas berhasil mempertahankan posisi terdepan hingga lap 10. Namun dia berada di sana dengan dapat bayang-bayang ketat dari Vettel. Jarak kedua pebalap tak pernah lebih jauh dari 0,7 detik.

Di barisan terdepan, empat pebalap mulai memisahkan diri pada fase ini. Bottas masih memimpin, Vettel kedua, Hamilton di urutan tiga, serta Verstappen dan Ricciardo membuntuti tak jauh di belakangnya. Di antara setiap pembalap selisih waktu maksimal hanya 0,8 detik.

Memasuki lap 11 Vettel masuk pit untuk menganti ban, diikuti Verstappen satu lap setelahnya. Malang buat pebalap muda asal Belanda itu, keputusan masuk pit justru menjadi akhir dari perjuangannya di Bahrain. Mobil Verstappen meluncur menuju gravel saat akan keluar pit dan diyakini mengalami kerusakan rem.

Pada lap 13 Kimi masuk pit dan di lap yang sama lance strool terlibat dalam sebuah insiden dengan Carlos Sainz di tengah track. Perstiwa ini membuat safety car diturunkan.

Saat safety car berada di lintasan sebagian besar pebalap masuk pit. Perubahan posisi pun terjadi: Vettel memimpin balapan, Bottas di posisi dua, Ricciaodro di urutan tiga, Hamilton, Massa dan Kimi berada di posisi empat hingga enam.

Lap 16 race dimulai lagi. Ricciardo merosot posiinya dalam waktu singkat. Dia di salip Hamilton, masa dan kimi sehingga turun ke urutan enam pada lap 18.

Tiga lap setelah balapan kembali dimulai, Vettel langsung menciptakan jarak yang besar di depan, dia unggul 1,7 detik dari Bottas di posisi kedua.

Kabar buruk untuk Hamilton dan Tim Mercedes. Hamilton dinyatakan bersalah karena menghambat Ricciardo di pit lane. Dia dijatuhi sanksi penalti lima detik.

Raikkonen menembus posisi empat besar pada lap 24. Dia meraihnya setelah mendahululi Massa di tikungan pertama setelah trek lurus start/finis.

Bottas tak punya kecepatan yang dibutuhkan untuk bersaing dengan Vettel di posisi terdepan. Di lap 25 jarak kedua pebalap sudah lima detik lebih. Bukannya merapatkan jarak dengan Vettel, Bottas kemudian malah kehilangan posisi dua. Itu terjadi di lap 27 ketika dia disusul oleh Hamilton.

Kembali ke barisan paling depan, Hamilton terus merapatkan jaraknya dengan Vettel menjadi 0,7 detik pada lap 33. Satu lap berselang Vettel menjalani pit stop keduanya. Dia kembali ke trek berada di urutan tiga, di belakang Hamilton dan Raikkonen. Hamilton kini menjadi pemimpin balapan.

Dalam kondisi ini Hamilton unggul jauh dari Kimi di urutan dua (15 detik) dan Vettel yang menempati posisi tiga (16 detik). Tapi Hamilton masih harus mejalani penalti lima detiknya.

Di lap 41 Hamilton menjalani hukuman 5 detiknya. Dia masuk pit dalam posisi unggul 9 detik dari Vettel. Hamilton turun ke posisi tiga saat kembali ke lintasan, di belakang Vettel dan Bottas.

Vettel Berjaya di Bahrain, Hamilton Finis KeduaFoto: REUTERS/Andrej Isakovic/Pool


Hamilton butuh enam lap untuk memangkas waktu sekitar 10 detik dari Bottas. Pada lap 47 pebalap asal Inggris itu merebut posisi kedua dari Bottas, dia kini mengincar Vettel di posisi paling depan yang berjarak sembilan detik di depannya.

Namun Hamilton tidak pernah bisa benar-benar mendekati Vettel. Sampai balapan berakhir kedua pebalap di posisi terdepan ini terpaut enam detik lebih.

[Baca Juga: Hasil F1 GP Bahrain]


(din/rin)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed