DetikSport
Minggu 09 Juli 2017, 21:02 WIB

Bottas Menang di Austria, Vettel Perlebar Jarak dengan Hamilton

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Bottas Menang di Austria, Vettel Perlebar Jarak dengan Hamilton Valtteri Bottas dan Sebastian Vettel di akhir balapan GP Austria 2017 (Foto: Reuters/Dominic Ebenbichler)
Spielberg - Valtteri Bottas memang memenangi balapan GP Austria 2017. Tapi, Sebastian Vettel tetap tersenyum meski finis kedua karena jarak dengan Lewis Hamilton melebar.

Pada balapan yang dihelat di sirkuit Red Bull Ring, Minggu (9/7/2017) malam WIB, Bottas yang memegang pole position mampu mempertahankan posisi itu dari "terkaman" Vettel yang start di urutan kedua.

Sementara, pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, mendapat bencana ketika mobilnya melintir di lap pertama dan harus kembali ke pit. Fernando Alonso pun harus kembali ke pit.

Daniel Ricciardo mampu mempertahankan posisi ketiga, lalu disusul Romain Grosjean dan Kimi Raikkonen. Posisi tersebut bertahan tiga lap sebelum Raikkonen berhasil menyalip Grosjean untuk naik ke posisi keempat.

Lalu, di mana Hamilton? Start dari posisi kedelapan karena penalti mengganti girboks langsung naik satu strip usai melewati Sebastian Ocon. Tak butuh waktu lama untuk Hamilton menyalip Sergio Perez di depannya dan ada di posisi keenam.

Sementara Hamilton sibuk memperbaiki posisinya, Bottas dengan nyaman memimpin balapan diikuti Vettel yang berupaya mencari celah demi menyalip rivalnya tersebut. Ricciardo di posisi ketiga masih setia menguntit diikuti Raikkonen.

Hamilton naik lagi satu strip ke posisi kelima di lap kedelapan melewati Grosjean. Bottas sendiri punya keunggulan 3,3 detik atas Vettel di posisi kedua sementara Ricciardo 2,2 detik lebih cepat ketimbang Raikkonen.

Memasuki lap ke-17, Bottas melebarkan jarak dengan Vettel menjadi 5,2 detik sementara Hamilton terus memburu Raikkonen di posisi keempat. Pelan namun pasti, Hamilton mampu memangkas selisih waktu.

Di lap ke-22, Hamilton akhirnya hanya berselisih 0,7 detik dari Raikkonen yang dalam bahaya kehilangan posisi keempat. Sementara itu Mercedes GP bisa bernapas lega setelah race director menyatakan tak ada aksi ilegal dari Bottas saat balapan dimulai.

Sebelumnya ada indikasi bahwa Bottas melakukan jump start saat balapan dimulai dan itu bisa membuatnya mendapat penalti.

Hamilton akhirnya mampu naik ke posisi keempat di pertengahan balapan setelah Raikkonen masuk pit. Lalu Vettel sendiri gagal menyalip Bottas lewat strategi pit stop.

Selepas lap ke-40, tak ada insiden berarti mengingat Bottas begitu nyaman berada di posisi terdepan meski Vettel mencoba terus memangkas jarak.

Persaingan justru baru seru ketika memasuki dua lap terakhir ketika Vettel begitu dekat dengan Bottas di posisi pertama. Meski terus melajukan mobilnya, Vettel tetap tak mampu menahan Bottas memenangi balapan Austria dan hanya finis posisi kedua.

Sementara Hamilton harus puas finis keempat karena usahanya menyalip Ricciardo di lap terakhir tidak membuahkan hasil, meski sudah menggunakan DRS. Raikkonen dari Ferrari juga mesti menerima posisi kelima di akhir balapan.

Meski gagal menang, Vettel setidaknya bisa tersenyum karena tambahan 18 poin membuatnya kini mengoleksi 171 poin, melebarkan jarak menjadi 20 poin dari sebelumnya 14 poin, atas Hamilton di posisi kedua dengan 151 poin.

Bottas yang meraih kemenangan kedua dalam karier membalapnya, setelah Rusia musim ini, ada di urutan ketiga dengan 131 poin.



(mrp/mrp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed