DetikSport
Minggu 16 Juli 2017, 08:43 WIB

Dituding Grosjean Halangi Lajunya, Hamilton Lolos dari Hukuman

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Dituding Grosjean Halangi Lajunya, Hamilton Lolos dari Hukuman Foto: REUTERS/Andrew Boyers
Silverstone - Lewis Hamilton dituding Romain Grosjean menghalangi lajunya di kualifikasi GP Inggris. Tapi FIA memutuskan Hamilton tak bersalah.

Hamilton sempat terancam mendapatkan penalti dan berpotensi kehilangan pole yang diraihnya. Setelah kualifikasi, FIA mengaku akan menginvestigasi dugaan pelanggaran yang dilakukan Hamilton terhadap Grosjean.

Hamilton, yang menunggangi mobil tim Mercedes, diduga menghalangi laju Grosjean yang merupakan pebalap Haas. Tapi setelah dilakukan penyelidikan, diputuskan Hamilton tak bersalah.

Crash melaporkan bahwa steward menyatakan meski Grosjean terpengaruh oleh keberadaan Hamilton di lintasan, dia tak terhalangi. Oleh karena itu tak ada penalti untuk Hamilton.

"Saya terkejut dengan kata-katanya. 'Pebalap di belakang tidak terhambat'. Kalau kehilangan 0,3 sampai 0,4 detik di satu tikungan itu tak berarti terhalang, saya sangat terkejut," kata Grosjean yang kecewa dengan keputusan tersebut seperti dikutip Crash.

"Saya rasa itu membuka ruang untuk kekacauan di kualifikasi dan aturan-aturannya cukup jelas. Saya tahu ada persaingan gelar sedang berlangsung di barisan depan, tapi kami ada di posisi di mana kami sesungguhnya berjuang sama kerasnya dengan para pebalap di depan dan saya terhambat hari ini (Sabtu)," sambung pebalap yang membawa bendera Prancis ini.

Hamilton pun mengungkapkan pembelaannya, sembari menyatakan maaf kalau dirinya secara tak sengaja mengganggu laju Grosjean.

"Saya baru muncul untuk memulai putaran, Valtteri ada di depan dan di belakang saya sempat ada mobil Force India, kemudian dia masuk pit jadi tak ada siapa-siapa di belakang saya," kata Hamilton.

"Benar-benar saat saya akan menekan pedal gas, saya melihat spion dan ada mobil datang. Kalau saya menghalangi jalurnya saya minta maaf dan saya tak punya indikasi apapun dari tim bahwa ada seseorang yang datang," imbuhnya.
(raw/raw)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed